DPRD Tetapkan APBD Kota Padangsidimpuan TA 2018 Rp.843,7 Milyar Lebih

Redaksi: Sabtu, 20 Januari 2018 | 21.39.00

Pj.Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menandatangani berita acara penetapan APBD Kota Padangsidimpuan TA 2018, disaksikan  Ketua DPRD Hj. Taty Aryani Tambunan, SH dan Wakil-Wakil Ketua, Sekdakota Drs. H Zulpeddi Simamora, MM, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri, usai Rapat Paripurna di gedung dewan setempat, jalan Sudirman Padangsidimpuan, Jumat (19/1) malam.  (Foto : Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD Kota Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2018 sebesar Rp.843.757.926.950.-, melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan di gedung DPRD setempat, jalan Sudirman Padangsidimpuan, Jumat (19/1) malam.

Penetapan APBD Kota Padangsidimpuan  TA 2018 yang dibahas selama hampir sebulan itu dipimpin Ketua DPRD Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, didampingi Wakil Ketua Edi Jurianto Harahap, SE, SH dan Ir. H.Ahmad Yusuf Nasution, serta dihadiri 28 dari 30 orang anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, Unsur Forkominda Kota Padangsidimpuan, Sekdakota Drs. H Zulpeddi Simamora, MM, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri, Kepala Dinas, Badan, Kantor serta Camat se Kota Padangsimpuan.

Dalam pendapat akhir Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Padangsidimpuan yang disampaikan Sekretaris Banggar H. Khoiruddin Nasution, SE mengatakan, setelah melalui pembahasan dan berdasarkan pendapat anggota dewan melalui Komisi yang mewakili Fraksi di DPRD Kota Padangsidimpuan menyetujui hasil pembahasan R-APBD Kota Padangsidimpuan TA 2018 untuk ditetapkan menjadi Perda APBD TA 2018.

Adapun fostur anggaran hasil pembahasan Banggar yakni pendapatan sebesar Rp824.600.515.670.- dan belanja sebesar Rp.843.757.926.950.-, sehingga terjadi deficit/surplus sebesar Rp.19.157.411.280.-

“Dari hasil pembahasan rapat-rapat Banggar terhadap R-APBD Kota Padangsidimpuan TA 2018 telah mengalami beberapa revisi yang diajukan eksekutif untuk disesuaikan dengan prinsip anggaran berimbang dan dinamis, maka Banggar DPRD Kota Padangsidimpuan sepakat untuk menerbitkan Surat Keputusan DPRD Kota Padangsidimpuan terkait dengan persetujuan R-APBD TA 2018 menjadi Perda APBD Kota Padangsidimpuan TA 2018,“ ujar Khoiruddin.

Sementara itu dalam pandangan akhir Fraksi-Fraksi dapat menerima Ranperda APBD sebesar Rp.843.757.926.950.-, untuk ditetapkan menjadi Perda, walaupun beberapa Fraksi memberikan saran untuk Pemko Padangsidimpuan, diantaranya terkait postur APBD TA 2018 belum terlalu jauh bergeser trendnya dari tahun-tahun sebelumnya dan kondisi riil nya cenderung masih “rapuh” dan terbebani kondisi phisykologis yang fundamental.

Pandangan akhir diawali dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui juru bicaranya Ali Hotmatua Hasibuan, Hati Nurani Rakyat (Hanura) oleh H. Marataman Siregar SH, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) oleh H. Mahmuddin Nasution, Golongan  Karya (Golkar) oleh Marzuki Lubis, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) oleh Erwin Sinaga, Partai Amanat Nasional (PAN) oleh Iswandi Arisandi, Demokrat oleh Rika Hanum Nasution dan Fraksi Gabungan Indonesia Bersatu yang disampaikan oleh Parsaulian Lubis, dapat menerima Ranperda APBD sebesar Rp.843.757.926.950.-, untuk ditetapkan menjadi Perda.

Sementara itu, Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dalam sambutannya mengapresiasi kinerja DPRD yang telah melakukan pembahasan dan disetujuinya penetapan Ranperda APBD menjadi Perda.

“Terimakasih kepada Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Legislasi dan semua Fraksi serta gabungan Komisi DPRD Kota Padangsidimpuan yang telah bekeja keras melakukan pembahasan Ranperda APBD TA 2018 itu dan telah menyampaikan saran dan pendapat, usul serta himbauan untuk menyempurnakan Ranperda APBD TA 2018 tersebut,“ ujar Sarmadan.

"Dari penyampaian kesimpulan, pembahasan gabungan komisi, serta pemandangan akhir fraksi terdapat butir-butir yang telah dicatat dalam bentuk saran dan pendapat, hal ini akan menjadi perhatian eksekutif untuk menindaklanjutinya pada masa mendatang,“ jelasnya.

Pj. Walikota juga menyadari masih banyak kegiatan yang prioritas belum tertampung pada APBD TA 2018 itu. Semua itu karena keterbatasan waktu yang tersedia. Untuk itu dia memohon pengertian bersama dan ke depan segenap potensi yang ada akan dimanfaatkan secara optimal.

“Juga sangat mengharapkan kerjasama dari jajaran Legislatif untuk mengawasi pelaksanaan program dan kegiatan sehingga program dan kegiatan pada setiap unit kerja dapat dinikmati seluruh masyarakat untuk kemakmuran masyarakat Kota Padangsidimpuan,“ paparnya.

Kepada seluruh jajaran OPD selaku pelaksana tehnis program dan kegiatan, Walikota berpesan agar dalam pelaksanaan tetap mengacu pada regulasi pengelolaan keuangan yang berlaku dengan tidak mengesampingkan asas mamfaat dari program dan kegiatan tersebut.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota dewan yang telah menyumbangkan buah pikiran dan gagasan sehingga apa yang diputuskan benar-benar dapat dilaksanakan guna terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Taty juga menyampaikan terimakasih kepada Pj. Walikota DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dan jajarannya atas kerjasama yang baik selama berlangsungnya proses pembahasan Ranperda itu sehingga dapat selesai sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Terima kasih kepada Pj. Walikota DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM yang juga telah menerima dan menyetujui Ranperda Tahun anggaran 2018 dan apa yang telah kita tetapkan di Ranperda telah menjadi aturan dan selanjutnya untuk dipublikasi,“ jelas Taty. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar










Komentar