HAB Ke-72 Sampaikan Pesan Kedamaian

Redaksi: Kamis, 04 Januari 2018 | 22.39.00

Sekda Kota Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM membacakan amanat Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin pada peringatan HAB Kemenag Ke- 72 tahun 2018 di halaman sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Padangsidimpuan, Rabu (3/1). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-72 tahun 2018 yang berlangsung di halaman sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Padangsidimpuan, Rabu (3/1)

Upacara tersebut dihadiri Kepala Kanor Kemenag Kota Padangsidimpuan Drs. H Efri Hamdan Harahap beserta seluruh jajaran Kantor Kemenag Kota Padangsidimpuan, pengurus Darma Wanita Unit Kemenag Kota Padangsidimpuan dan dikuti peserta upacara dari Kemenag Kota Padangsidimpuan, Tapsel, Kantor Urusan Agama (KUA) se Kota Padangsidimpuan serta para siswa sekolah di bawah naungan Kemenang Kota Padangsidimpuan.

Sekda Kota Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM yang membacakan sambutan Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin pada peringatan HAB Kemenag Ke- 72 tahun 2018, dengan tema ‘Tebar Kedamaian" menyampaikan, tema yang diangkat memiliki makna, dimana agama pada hakikatnya menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. 

Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama.

“Kemenag hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama dalam negara kesatuan RI, yang pelaksanaan tugas dan fungsinya menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Kemenag bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri Bangsa Indonesia,” Zulpeddi yang membacakan sambutan Menag RI.

Dikatakannya, pesan kedamaian ini makin terasa penting untuk digaungkan agar kita tidak terjerembab dalam kubangan perseteruan dan jebakan permainan atas nama agama, yang merugikan kita semua.

“Kalaulah belum sanggup mengatasi pertentangan dengan seruan damai, setidaknya marilah mendamaikan diri sendiri dari nafsu angkara murka, syak wasangka, tingkah yang pandir, sifat-sifat batil, ataupun tangan yang jahil,” lanjut Sekda.

Lebih lanjut dikatakannya, Kemenag memiliki makna yang penting dalam politik, tata pemerintahan, akhlak dan budi pekerti rakyat. Untuk itu segenap aparatur Kemenag diminta memahami dan melaksnakan esensi bekerja sebagai ibadah, serta menjadikan diri teladan di tengah masyarakat.

Ada beberapa hal yang ditegaskan Menag yang mesti menjadi perhatian ASN di lingkungan Kemenag, yakni, Kemenag bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.

Dengan tugas penting tersebut tambahnya, maka setiap aparatur Kemenag memiliki misi antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkwalitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat bergama.

“Tugas dan misi itu terasa berat pada masa sekarang karena itu, diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespon tuntutan masyarakat terhadap masyarakat.  Kita tidak boleh bekerja dengan kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar. Dengarlah  aspirasi dari bernagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Marilah kita latih kepekaan agar lebih memahami persoalan riil di masyarakat sehingga dapat menentukan prioritas kerja,” tegasnya.

Usai upacara, Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan mengatakan, Kemenag Kota Padangsidimpuan agar menjadikan momentum HAB tahun ini untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi ASN dilingkungan Kemenag Kota Padangsidimpuan.

Peringatan HAB Kemenag Ke 72 di Kota Padangsidimpuan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para juara lomba kegiatan HAB Kemenag ke-72 tahun 2018.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar