SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Koramil 0824/14 Panti Karya Bakti Bersihkan Kali Payung

Redaksi: Jumat, 12 Januari 2018 | 21.54.00

Koramil 0824/14 Panti melaksanakan pembersihan Kali Payung sepanjang 500 meter namun dengan Karya Bakti TNI bersama instansi terkait dan maysarakat, Jumat (12/01). (Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Di beberapa tempat hari ini melaksanakan kerja bakti Babinsa bersama masyarakat, lain halnya di Koramil 0824/14 Panti yang juga melaksanakan pembersihan Kali Payung sepanjang 500 meter namun dengan Karya Bakti TNI bersama instansi terkait dan maysarakat, Jumat (12/01).

Kali Payung yang berlokasi di Dsn Glengsengan Ds Suci Kecamatan panti Kabupaten Jember tersebut merupakan saruran air yang mengalir dari lerang gunung Argopuro  dan kondisinya sering kotor karena merupakan saluran pembuangan dari pekarangan warga maupun dari sanitasi rumah tangga.

Hadir dan terlibat pada karya bakti  tersebut diantaranya Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno bersama 11 orang anggotanya, Camat Panti Drs Budi Susilo bersama 13 orang anggota Satpol PP Kecamatan, Kepal Desa Suci M Nursalim bersama 13 orang perangkatnya, Dosen Univ Negeri Jember Bu Retno bersama 10 orang mahasiswa yang KKN, dr Diah S Kepala Puseksmas bersama anggotanya 9 orang, Dinas Lingkungan Hidup Kec panti 8 orang  dan masyarakat sebanyak 77 orang.

Di samping membersihkan  bagian dalam sungai ditepi kanan kiri sungan juga menjadi sasaran pembersihan, sehingga lingkungan sungai benar-benar bersih dan sehat.

Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kali Payung ini memang beberapa kali sudah menjadi sasaran pembersihan dalam karya bakti TNI karena kondisinya saat hujan turun aliran air dari lereng Gunung Argopuro cukup deras, sehingga alur sungai ini harus benar-benar terawat kebersihannya.

Karena kalau sampai terhambat tidak menutup kemungkinannya akan menggerus tanggul sungai  yang mengakibatkan longsor atau meluber yang membanjiri perkampungan warga.

Demikian halnya Camat Panti Drs  Budi Susilo dalam konfirmasinya menyampaikan terima kasih kepada Danramil, Ka Pukesmas dan semua pihak yang terlibat pada Karya Bakti TNI ini.

"Semoga langkah yang dilakukan dengan karya bakti ini sebagai wujud ihtiar kita sehingga kita terhindar dari berbagai bencana," kata Budi Susilo.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, SE dalam konfirmasinya menyampaikan salam hormat kepada Camat Panti dan semua pihak yang telah mendukung Karya Bakti TNI di Ds Suci Kec Panti tersebut.

Kebersamaan dan kegotong royongan dalam melaksanakan langkah antisipatif tersebut adalah bagian dari mitigasi bencana, karena kondisi kali yang kotor disamping berdampak pada terhambatnya aliran air yang mengakibatkan lonsor, banjir juga dapat berdampak pada kesehatan masyarakat.

Sekali lagi terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat, pada kesempatan ini saya juga mempersilahkan kepada  Camat, Kepala Desa dan semua masyarakat silahkan koordinasi dengan Koramil Jajarannya kalau memang memerlukan tenaga TNI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti ini, kami akan mendukung sekali, karena kami adalah bagian dari masyarakat dan Bersama Rakyat TNI Kuat. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar     




Komentar