Lukman: PTKIN Harus Gencarkan Kampanye Moderasi Islam Indonesia

Redaksi: Sabtu, 13 Januari 2018 | 11.09.00

Menag Lukman Hakim Saifuddin memberi arahan kepada para Pimpinan PTKIN, Kamis (10/01), di Jakarta. (Foto: kemenag)

JAKARTA| HARIAN9
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meminta pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk lebih mengenalkan moderasi Islam Indonesia kepada dunia. 

Menurutnya, Islam Indonesia saat ini telah menjelma sebagai kekuatan penting dalam mendorong moderasi Islam di level internasional. 

“Saya mengajak para pimpinan PTKIN untuk menjawab tantangan ini. PTKIN harus bisa mengembangkan, merawat, dan menjaga Islam moderat dengan baik. Saat ini, moderasi Islam menjadi sesuatu yang niscaya dan dibutuhkan dunia internasional,” jelasnya saat berbicara pada Rapat Koordinasi Pimpinan PTKIN di Jakarta, Kamis (10/01).

Ada beberapa program yang bisa dikembangkan, antara lain mendatangkan para guru besar (profesor) universitas luar negeri untuk mendalami Islam Indonesia. Menag meyakini, keilmuan para guru besar yang hadir sangat dibutuhkan. 

“Mereka juga bisa menjadi duta untuk (menjelaskan) Islam Indonesia di negara asal mereka,” katanya.

Program lainnya adalah memberi beasiswa mahasiswa asing. Dilihatnya, program ini efektif untuk mendiseminasikan Islam Indonesia ke dunia internasional. 

“Mahasiswa yang kita beri beasiswa akan menjadi duta-duta kita, sebagaimana halnya para guru besar Luar Negeri yang kita undang,” paparnya.

“Saya sangat beharap, PTKIN bisa mengembangkan, merawat, dan menjaga Islam moderat dengan baik,” sambungnya.

Selain dihadiri Menteri Agama dan para Pimpinan PTKIN, kegiatan ini juga dihadiri Dirjen Pendis Kamaruddin Amin, Sesditjen Pendis M. Ishom Yusqi, Direktur PTKI Arskal Salim, dan para Kasubdit di lingkungan Direktorat PTKI. (kemenag/03)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar