Mantapkan Kesiapan Tim, KPU Paluta Gelar Simulasi Pendaftaran Balon Bupati/Wakil Bupati

Redaksi: Senin, 08 Januari 2018 | 21.46.00

Tim KPU Paluta saat melakukan simulasi penerimaan pendaftaran pasangan Balon Bupati/Wakil Bupati Paluta untuk Pilkada serentak Kabupaten Paluta tahun 2018 di kantor KPU Paluta, Senin (8/1). (Foto: Riswandy)

PALUTA| HARIAN9
Guna memantapkan kesiapan anggota tim penerima pendaftaran pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kapupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Paluta tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paluta melakukan simulasi pendaftaran pasangan balon Bupati/Wakil Bupati di kantor KPU Paluta, Senin (8/1) sekitar pukul 17.00 WIB.

Simulasi yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP bersama Komisioner Divisi Tekhnik M Ali Ansor Siregar S.Ag tersebut diikuti oleh seluruh Komisioner dan staf KPU Palut yang masing-masing memiliki peranan sesuai dengan yang ditentukan dalam peraturan pendaftaran pasangan Balon Bupati/Wakil Bupati.

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP mengatakan, simulasi ini bertujuan agar pada saat ada pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mendaftar, tidak terjadi kesalahan fatal yang membuat pasangan calon yang mendaftar dirugikan hak konstitusionalnya.

“Simulasi ini untuk mengontrol dan memantapkan persiapan kami untuk menerima pendaftaran yang berlangsung selama tiga hari kedepan,“ ujarnya.

Menurutnya, simulasi ini terutama berkaitan dengan penyiapan seluruh dokumen yang ditetapkan untuk setiap pasangan Balon yang melakukan pendaftaran serta proses tahapan pendaftaran bagi pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Kapupaten Paluta.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Teknis M Ali Ansor Siregar mengatakan, dengan simulasi ini dapat dikoreksi segala kemungkinan kesalahan untuk meminimalisir kekurangan penyelenggara dalam proses penerimaan pendaftaran pasangan Balon tersebut.

“Sebelumnya sosialisasi sudah kita laksanakan dan ini hanya pemantapan untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan proses pendaftaran nanti,“ jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Padang Bolak AKP M Harahap SH melalui Kanit Reskrim Ipda M Taufik Siregar mengatakan, sejak hari pertama pendaftaran, pihaknya sudah menempatkan personil di kantor KPU Paluta untuk melakukan pengaman proses pendaftaran.

Ditambahkannya, pihaknya akan siaga penuh dan berkoordinasi dengan Polres Tapsel untuk melakujan pengamanan proses pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati di kantor KPU Paluta hingga Rabu mendatang.

Sekedar informasi, hari pertama pendaftaran pasangan balon Bupati/wakil Bupati Paluta dibuka, Senin (8/1), belum ada pasangan balon Bupati/wakil Bupati yang melakukan pendaftaran ke kantor KPU Paluta. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 





Komentar