Pemkab Tapsel dan Bulog Salurkan Bansos Rastra 17.075 KPM

Redaksi: Minggu, 28 Januari 2018 | 06.32.00

 
Sekdakab Tapsel Drs. H Parulian Nasution, MM, Ka. Bulog Subdrive Padangsidimpuan Jajat Sudrajat, Sekretaris Dinas Sosial Tapsel Porang Pane, foto bersama sebelum melepas penyaluran Bansos Rastra ke sejumlah Kecamatan. (Foto : Riswandy)

TAPSEL|HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama Bulog Subdrive Padangsidimpuan melanunching dan mulai salurkan Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) tahun 2018 untuk 17.075 warga miskin Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 14 Kecamatan di Kabupaten Tapsel, Kamis (25/1/2018).

Penyaluran Bansos Rastra tersebut merupakan Bansos Rastra Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 tersebut dilepas dari depan Kantor Bupati Tapsel Jl. Prof. Lafran Pane Sipirok oleh Bupati Tapsel H  Syahrul M Pasaribu SH diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. H Parulian Nasution, MM dihadiri Kepala Bulog Subdrive Padangsidimpuan Jajat Sudrajat, Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tapsel Hamdan Zen Harahap, SH diwakili  Sekretaris Dinas Sosial Porang Pane, serta sejumlah pejabat Pemkab Tapsel.

Bupati Tapsel H  Syahrul M Pasaribu SH diwakili Sekdakab Tapsel Drs. H Parulian Nasution, MM saat pelepasan penyaluran Rastra berpesan kepada seluruh petugas yang terlibat agar Bansos Rastra tersebut betul-betul sampai kepada KPM.

“Jangan sampai saya dengar ada kutipan kepada masyarakat miskin saat penyalurannya, sebab bantuan beras ini dibagikan secara gratis dan diharapkan dengan adanya bantuan tersebut kiranya dapat meringankan beban masyarakat khususnya KPM atau warga kurang mampu di Kabupaten Tapsel,“ pesan Parulian.

Sementara Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tapsel Hamdan Zen Harahap, SH diwakili  Sekretaris Porang Pane mengatakan, sesuai catatan dari Kementerian Sosial RI total jumlah KPM penerima Bansos Rastra untuk Kabupaten Tapsel tahun 2018 sebanyak 17.075 KPM. Angka tersebut tersebar di seluruh 14 wilayah Kecamatan se Kabupaten Tapsel dan setiap PKH akan mendapatkan 10 kg beras medium per bulan.

“Jatah Rastra untuk bulan Januari 2018 ini sebanyak 17.075 Ton dan ditargetkan paling lambat di akhir Januari 2018 ini, penyalurannya sudah tuntas dibagikan dan diterima seluruh KPM," terang Porang pane.

Terpisah, Kepala Bulog Subdrive Padangsidimpuan Jajat Sudrajat mengatakan, sebelum Bansos Rastra diisalurkan ke masyarakat, pihaknya  bersama Pemkab Tapsel sudah mengecek kondisi dn jumlah beras yang akan disalurkan mudah-mudahan kondisi beras sangat baik dan berkualitas.

Ia menyampaikan untuk stok beras yang ada di sejumlah gudang beras Bulog Subdivre Padangsidimpuan posisinya masih aman dan cukup untuk penyaluran Bansos Rastra tiga hingga empat bulan ke depan.

“Prinsipnya stok beras cukup untuk penyaluran Bansos tiga hingga empat bulan ke depan, apalagi dalam waktu dekat, petani akan memasuki masa panen dan kami akan melakukan upaya pembelian gabah untuk menambah stok,“  katanya. (Wan9)



Komentar