Pintu Klep Alur Gadung Jebol, Warga Resah

Redaksi: Jumat, 05 Januari 2018 | 02.16.00

Jalan Desa Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang sudah penuh terkena genangan air banjir luapan air sungai batang serangan. (Foto: Hermansyah)


LANGKAT| HARIAN9
Pintu klep pembuangan air ditanggul pembatas banjir Sungai Batang Serangan di Desa Alur Gadung Kecamatan Padang Tualang, Langkat, Kamis (4/2/2017) jebol. 

Akibatnya jalan Desa di Desa Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang sepanjang 700 meter digenangi banjir setinggi 50 cm.

Jebolnya klep pembuangan banjir itu disebabkan tingginya volume air sungai Batang Serangan selama intensitas hujan tinggi selama 5 hari di hulu sungai dan kawasan Batang Serangan dan Kecamatan Sawit Sebrang.

Kepala Desa Buluh Telang M Yunus, didampingi Kepala Desa Padang Tualang, M Arfan, mengatakan, genangan air banjir di badan jalan Buluh Telang akibat jebolnya pintu klep.

Pemukiman dan lahan pertanian kelapa sawit juga mulai digenangi banjir.

"Memang pemukiman warga belum terendam banjir, hanya jalan sejak tadi malam. Belum ada tanda air akan surut dan terus bertambah," kata M Yunus.

Pantauan kru media ini, debit air Sungai Batang Serangan yang membentang di kota Tanjungpura juga terus tinggi. Pada bagian sungai menuju muara, tepatnya dikawasan pemukiman di Desa Pematang Cengal dan Pekubuan, volume air juga tinggi.

"Kalau di pemukiman kami, memang banjir belum mulai, tapi sudah merembes," kata Miswandi, warga Desa Pekubuan.

Lamsyah, warga Desa Pematang Cengal Barat Kecamatan Tanjungpura mengatakan, daerahnya merupakan kawasan banjir.

"Air sudah mulai masuk, pekarangan rumah dan mulai digenangi banjir sekira 30 cm sore ini". Air berasal dari luberan aliran sungai Batang Serangan," paparnya. (hs9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar