Produksi LRT Jabodebek Dipercayakan Kepada PT INKA

Redaksi: Sabtu, 20 Januari 2018 | 21.55.00



MADIUN| HARIAN9
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan bersama dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto melakukan kunjungan ke PT Industri Kereta Api (INKA) persero di Madiun, Kamis (18/01).

Kunjungan kerja dilakukan untuk melihat langsung kemampuan dan kesiapan produksi kereta api oleh PT INKA (Persero) dalam rangka proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek). 

Pembangunan LRT Jabodebek merupakan salah satu proyek strategis pemerintah dalam rangka memberikan kemudahan dan kecepatan transportasi kepada masyarakat.

Dikatakan Airlangga, kemampuan industri nasional harus terus kita dorong dan berharap agar program pembangunan LRT ini tidak hanya untuk Jabodebek dan Asian Games saja melainkan dapat dikembangkan untuk moda transportasi regional.

"Kami ingin sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang secara bersama-sama mensukseskan pembangunan LRT yang dalam hal ini melibatkan industri BUMN dan Swasta yang diharapkan dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada industri perkeretaapian nasional," ungkapnya.

Sementara itu, selain kunjungan dilaksanakan pula penandatanganan kontrak pengadaan LRT Jabodebek antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero), penandatanganan kerja sama pengadaan material dan komponen kereta api antara PT INKA (Persero) dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Barata Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero), dan PT INTI (Persero).

Kemudian, penandatanganan kerja sama PT INKA dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan, Penandatanganan kerja sama komitmen peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) antara PT INKA dengan UMKM penerima program National Interest Account (NIA). 

Dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama konsultasi dan riset bersama antara PT INKA dengan Kemenristekdikti, BPPT, dan Perguruan Tinggi Negeri (ITB, ITS, UNS, dan UGM), serta penandatanganan kerja sama konsultasi dan pendampingan pembangunan workshop PT INKA di Banyuwangi antara PT INKA (Persero) dan BPKP Perwakilan Jatim. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar