Wamenkeu ke Madiun Hadiri Diseminasi Kebijakan Dana Desa

Redaksi: Sabtu, 20 Januari 2018 | 22.06.00



MADIUN| HARIAN9
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menghadiri diseminasi program Dana Desa dengan tema "Padat Karya Tunai untuk Masyarakat Desa yang Lebih Sejahtera" bertempat di Pendopo Kantor Bupati Madiun pada Kamis (18/01).

Disampaikannya, diseminasi ini bertujuan untuk mengkomunikasikan kebijakan dana desa tahun 2018, meningkatkan pemahaman para kepala desa dan aparat pemerintah daerah dalam mengelola dana desa serta memperkuat sinergi dan harmonisasi antara pemerintah pusat pemerintah daerah.

Pada tahun 2018 dana desa dianggarkan sebesar Rp.60 triliun untuk 74.958 desa di seluruh Indonesia. Dana ini diarahkan untuk mengatasi kemiskinan di desa dengan memberikan afirmasi kepada desa tertinggal dan desa sangat tertinggal yang mempunyai penduduk miskin tinggi.

"Saya harap masyarakat di desa bisa menikmati dana bergulir ini yang digunakan untuk ekonomi rakyat di desa tersebut. Jangan sampai lagi ada masyarakat yang nganggur di desa, jangan sampai ada masyarakat yang tidak punya pekerjaan di desa," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo mengatakan bahwa memasuki tahun keempat pelaksanaan dana desa, saat ini desa telah diperkuat kewenangannya dalam menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan serta membina dan memberdayakan masyarakat. 

Hasil nyata dari pelaksanaan dana desa antara lain terbangunnya jalan, jembatan, sambungan air bersih, sumur, irigasi hingga pasar. Sebagai informasi, diseminasi ini dihadiri oleh 198 kepala desa, 15 camat, aparat pemerintah daerah. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar