Bakamla RI Gandeng Media Gelar Pelatihan Kehumasan

Redaksi: Rabu, 28 Februari 2018 | 22.56.00

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. di Ruang Rapat Lt. 5 Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No.56, Jakarta Pusat, membuka pelatihan kehumasan, Selasa (27/12/2018). (Foto: Humas Bakamla RI)

JAKARTA| HARIAN9
Bakamla RI menggandeng beberapa media melaksanakan pelatihan kehumasan di bidang jurnalistik, fotografi dan videografi. 

Acara dibuka langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. di Ruang Rapat Lt. 5 Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No.56, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2018).

Turut mendampingi Laksdya Ari antara lain Sestama Marsda TNI Widiantoro, M.B.A., Deputi Jakstra Irjen Pol Arifin, M.H., Inspektur Brigjen Pol Drs. Sarono, M.H., Plt.Kepala Biro Umum Kolonel Marinir Sandy M. Latief, dan Kabag Kepegawaian Kolonel Marinir Budi Santoso, M.A.P. yang menyampaikan laporan kesiapan pelatihan.

Dalam laporannya, Kolonel Budi menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi SDM Bakamla RI dibidang kehumasan sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas kehumasan yang diembannya.

Sementara itu hadir pula para undangan dari media yang sekaligus bertindak sebagai instruktur pada pelatihan selama empat hari ini, antara lain WaPemred Kompas TV Yogi Arief Nugraha, Kepala Galery LKBN Antara Mosista Pambudi, dan instruktur dari Pos Kota Drs. H. Kamsul Hasan, S.H., M.H. yang  juga menjabat sebagai Ketua Komisi Kompetensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Hari pertama dipenuhi dengan materi seputar jurnalistik yang dibawakan dengan menarik oleh Drs. Kamsul Hasan. Beberapa topik yang dibahas yaitu identifikasi media di Indonesia yang meliputi media pers/jurnalistik, media penyiaran, dan media sosial, hukum pers dan penyiaran beserta etikanya, serta materi tentang teknik penulisan berita beserta praktek penulisan berita.

Selaku instruktur Kamsul Hasan juga memberikan pengayaan wawasan tentang strategi penulisan dan penyajian berita, bagaimana menjadi wartawan yang kompeten menurut dewan pers, yang secara langsung memberikan pemahaman lebih baik bagi personel Humas Bakamla RI dalam menjalankan tugas fungsi peliputan dan pemberitaan sehari-hari.

Program pelatihan akan dilanjutkan tiga hari berikutnya dengan materi tentang fotografi, dan videografi serta teknik-teknik penyutradaraan dengan menghadirkan instruktur dari Kompas TV dan LKBN Antara. 

Sedangkan peserta pelatihan bukan hanya personel Humas Pusat, namun juga melibatkan personel Humas dari Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Tengah, dan Timur, serta seorang perwakilan staf Direktorat Data dan Informasi. (Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono).rel/03.
Editor: Mardan H Siregar




Komentar