Bupati Lantik Pengurus Dan Resmikan Kantor Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta

Redaksi: Selasa, 13 Februari 2018 | 22.52.00

Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap didampingi ketua lembaga adat dan budaya Paluta Tongku Parlaungan Harahap menanda tangani prasasti peresmian kantor lembaga adat dan budaya kabupaten Paluta, Selasa (13/2). (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Bupati Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Drs H Bachrum Harahap melantik kepengurusan Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta periode 2016-2021 sekaligus meresmikan Kantor Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta, di Kawasan Paranginan, Desa Huta Lombang, Kecamatan Padang Bolak, Selasa (13/2).

Turut hadir dalam pelantikan, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Kodim 0212/TS diwakili Pabung Mayor Hasran Harahap, Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal SIK, Kajari Paluta Rizal Syah Nyaman SH MH, Seka Paluta Burhan Harahap SH, OPD jajaran Pemkab Paluta, Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat Tabasel, tokoh adat se-Tabagsel, tokoh adat dari Kota Medan, OKP/Ormas, tokoh agama, tokoh pemuda beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar pengurus lembaga adat ini dapat menjadi panutan yang dapat membimbing dan mengarahkan masyarakat serta menjadi garda terdepan dalam memberikan sumbangan pikiran secara pro aktif demi kemajuan kabupaten Paluta.

“Lembaga adat harus mampu mengambil peranan di berbagai dimensi kehidupan, termasuk menyelesaikan beragam konflik sosial yang timbul ditengah masyarakat kabupaten Paluta,” ujarnya.

Kemudian, dengan adanya gedung kantor baru ini diharapkan akan timbulnya semangat baru, khususnya para pengurus lembaga adat dan budaya untuk lebih dapat meningkatkan kinerja dari apa yang telah dikerjakan selama ini.

Semangat perlu ditopang oleh kapasitas kelembagaan yang kuat, kompetensi sumber daya manusia yang kuat serta dibarengi dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

“Selamat kepada pengurus baru lembaga adat dan budaya kabupaten Paluta yang baru dilantik dan saya nyatakan kantor lembaga adat dan budaya kabupaten Paluta diresmikan,” ucapnya.

Ketua Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta yang baru dilantik, Tongku Parlaungan Harahap dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada bupati Paluta yang telah memberikan dukungan penuh sehingga kantor Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta bisa berdiri dengan megah.

“Saya yakin tanpa peran dari Bapak Bupati, Pembangunan kantor ini tidak akan sebagus dan seindah yang kita saksikan tempati ini,” katanya.

Tambahnya, momentum pelantikan dan peresmian kantor lembaga adat ini akan membawa semangat baru yang tidak pernah padam yang bisa menggerakkan semua pihak dalam pelestarian dan pembangunan adat istiadat serta nilai moral, sosial dan nilai budaya masyarakat di kabupaten Paluta.

Dirinya juga berharap kepada segenap jajaran pengurus lembaga adat dan budaya untuk senantiasa mengupayakan penguatan jalinan persaudaraan, kemitraan, kerjasama dan sinergi antara pengurus khususnya dengan pemerintah daera agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat selaras dengan kehendak, aspirasi dan harapan serta membawa kemaslahatan bagi umat, masyarakat berbangsa dan bernegara yang bermartabat dan beradat.

“Mangan-mangan tu Simpang Purba, gulena gule holat, muda ro hamu tu Paluta, ulang lupa maradian tu kantor lembaga adat. Muda giot mangaligi pembangunan najogi, mardalan-dalan hamu tu Paluta, patunda nise do sannari Paluta on jogi, tontu sude harani bapak Bupatitta,” ucapnya.

Senada salah satu tokoh adat dari kota Medan H Mustopa Kamal Harahap yang juga putra asli kabupaten Paluta menyampaikan selamat atas dilantiknya pengurus dan diresmikan kantor lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta.

Tokoh Adat berusia 81 tahun ini juga berharap semoga dengan dilantiknya pengurus lembaga adat dan budaya kabupaten Paluta ini, pengembangan dan pelestarian adat istiadat dan budaya dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat diajarkan secara turun temurun kepada generasi muda di daerah Paluta

Sesuai SK Nomor: 430/300/K/2016 tentang Pembentukan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta periode 2016-2021dinyatakan bahwa Ketua Tongku Parlaungan Harahap, Sekretaris Baginda Husin Siregar dan Nurjaima Hasibuan SPd sebagai Bendahara. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar 










Komentar