SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Danramil 0824/25 Jenggawah Irup Upacara Bendera dan Berikan Materi Wasbang Kepada Pelajar SMK Roudlatuh Tholabah

Redaksi: Selasa, 13 Februari 2018 | 02.31.00

Kapten Inf Ismianto memberikan pemahaman terkait Dasar Negara Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. (Foto: Sis24)  


JEMBER| HARIAN9
SMK Roudlatuth Tholabah Desa Kemuningsari Kec Jenggawah Kabupaten Jember  melaksanakan upacara bendera seperti biasa dilakukan setiap sekolah pada setiap hari Senin, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapten Inf Ismianto Danramil 0824/25 Jenggawah, Senin (12/02/2018) Pukul 07.00 WIB.

Pada pelaksanaan upacara bendera tersebut berjalan dengan lancar karena beberapa waktu yang lalu sudah diberikan pelatihan baris berbaris dan kedisiplinan oleh Babinsa Serda Sidik Eko Purnomo.

Usai upacara siswa-siswi sekolah tersebut diarahkan untuk memasuki aula sekolah dan menerima materi wawasan kebangsaan (Wasbang) oleh Danramil 0824/25 Kapten Inf Ismianto.

Upacara dan pemberian materi wawasan kebangsaan diikuti oleh 156 siswa siswi dan pada kesempatan tersebut Kapten Inf Ismianto memberikan materi Konsensus 4 Pilar kebangsaan.

Kapten Inf Ismianto memberikan pemahaman terkait Dasar Negara Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Siswa-siswi diajak untuk sejenak mengamati bagaimana perkembangan berita-berita yang tidak jelas sumbernya dan beredar liar di berbagai media utamanya media sosial ada yang membawa pengaruh radikal, terorisme, mengadu domba dan lain-lain serta perkembangan faktual disekitar kita.

Banyaknya berita tersebut tentunya ada pihak yang dengan sengaja menghembuskannya dengan tujuan untuk merapuhkan persatuan dan kesatuan kita, untuk menimbulkan situasi tidak kondusif bahkan ingin menggantikan idiologi Pancasila.

Sebagai generasi bangsa hendaknya hal tersebut memberikan pemahaman kepada adik-adik semua untuk bijak dalam menyikapi situasi dan kondisi yang berkembang saat ini yang tidak dapat kita hentikan begitu saja, karena hal tersebut berkembang seiring dengan pengaruh global dengan modernisasi  prasarana kehidupan manusia.

Bagaimana yang dimaksud berlaku bijak dalam menyikapi perkembangan tersebut adalah adik-adik harus lebih giat dan rajin dalam menuntut ilmu pengetahuan sehingga kelak menjadi generasi yang cerdas, selanjutnya membiasakan hidup disiplin dan beretika yaitu mematuhi berbagai tata tertib  bahkan hukum baik di rumah, di sekolah maupun di tempat umum, menjaga sopan santun kepada orang tua dan guru.  

Yang paling akhir adik-adik harus memiliki karakter yang kuat sehingga kelak dapat menjadi generasi yang cerdas, disiplin dan berkarakter. Sedangkan karakter kita dapat terbentuk manakala kita memiliki kekayaan wawasan diantaranya wawasan kebangsaan seperti yang saya sampaikan ini.

Pada intinya kita semua harus menjaga persatuan dan kesatuan, saling menghormati dan berperan serta dalam mempertahankan keberadaan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Idiologi Bangsa Indonesia.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi terkait kegiatan jajarannya menyampaikan bahwa upaya pemberian wawasan kebangsaan tersebut sebagai bagian memantapkan generasi muda agar lebih cinta tanah air, memiliki rasa bela negara dalam  menunjang ketahanan nasional, karena ketahanan nasional kita menganut Sistem Pertahanan Semesta.

Dalam hal ini peran generasi muda sangat vital sekali, Karena ditangan merekalah nantinya kelangsungan dan nasib Bangsa Indonesia ini, sehingga keberadaanya harus selalu kita asah dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ini. (Sis24)  
Editor: Mardan H Siregar



Komentar