Redaksi: Selasa, 27 Februari 2018 | 18.34.00

Dirjen EBTKE Resmikan PLTMH Berkapasitas 53 KW di Tapsel



TAPSEL| HARIAN9
Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) Rida Mulyana meresmikan pemakaian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 53 Kilowaatt (KW) di Silangkitang Tambiski di Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sabtu (24/2/2018).

Peresmian PTMH Silangkitang yang menelan dana Rp.4 milyar tersebut dihadiri Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, Bupati Tapsel Syyahrul M Pasaribu, Ketua TP PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Direktur Utama (Dirut) EBTKE Haris, Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, para pimpinan OPD, Unsur Muspika dan rausan masyarakat Desa Silangkitang Tambiski Kecamatan SD. Hole.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Dirjen EBTKE Rida Mulyana, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu dan  kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita memasuki power hause PLTMH serta pembagian lampu hemat energi kepada operator PLTMH dan warga Desa Silangkitang Tambiski.

Dirjen EBTKE Rida Mulyana dalam sambutannya, mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka begitu meriahnya sambutan yang diberikan warga atas kehadirannya di Desa Silangkitang Tambiski yang memiliki 7 dusun ini.

“ Kementrian ESDM melalui Dirjen EBTKE sudah banyak melaksanakan program yang sama seperti ini di sejumlah daerah di Indonesia seperti Kalimantan Utara, Tobasa, Sulawesi, Papua Barat, Pedalaman Sumatera Selatan dan lainnya, namun baru di Tapsel ini saya mendapat sambutan meriah dari masyarakatnya, “ kata Rida

Ia juga menyatakan, terealisasinya program PLTMH di Kabupaten Tapsel ini tidak terlepas dari peran Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu selaku mitra kerja Kementerian ESDM di DPR-RI. 

“ Saya meminta masyarakat untuk menjaga dan merawat semua prasarana PLTMH agar tetap awet, karena sumber dananya juga berasal dari rakyat dan kembali ke rakyat. Kemudian, debit air dijaga dengan tidak menebangi hutan sebagai sumber utama air, “ katanya.

Sementara Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, mengucapkan terimakasih kepada Kementerian ESDM yang telah mengalokasikan dana membangun PLTMH di salah satu wilayah daerah pemilihannya Sumut II Tapsel.

Gus Irawan menyebutkan, pembangunan PTLMH ini tergagas setelah ia melihat dan mempelajari geografis desa dan potensi industri desa. Kedepan ia juga akan memprogramkan mesin pengolahan kopi ke desa, mengingat mata pencaharian masyarakat Silangkitang Tambiski adalah petani kopi.

“ Saya optimis denga kehadiran PTLMH ini, satu atau dua tahun kedepan perekonomian masyarakat akan terdongkrak dan tercipta sentra-sentra ekonomi baru dengan memanfaatkan tenaga listrik, “ sebutnya. 

Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, mengatakan kehadiran PLTMH tidak lepas tingginya perhatian masyarakat daerah itu yang pro aktif secara swadaya juga ikut membantu percepatan pembangunan PLTMH tersebut, sehingga sudah dapat menerangi 150 rumah tangga warga Desa Silangkitang Tambiski yang terdiri dari 6 lorong dan 96 buah titik lampu jalan yang menyebar di desa tersebut.

“ Dengan adanya PLTMH tersebut saya mengajak seluruh warga untuk memelihara hutan, karena operasional turbin PLTMH bergantung pada debit air yang erat kaitannya dengan hutan, “ tegas Syahrul.  (Wan9)




Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, menandatangani prasasti pada peresmian pemakaian PLTMH berkapasitas 53 KW di Silangkitang Tambiski di Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)  (Foto : Riswandy)



Komentar