Kinerja Sub Sektor Peternakan Pada Perekonomian Wilayah Sumatera Utara

Redaksi: Senin, 19 Februari 2018 | 20.30.00

Kontribusi Subsektor Hortikultura pada PDRB Sumatera Utara Tahun 2012-2016. (Sumber: BPS,2017)


Oleh: Rita Herawaty

Sub sektor peternakan mempunyai peranan penting dalam menunjang kebutuhan masyarakat sebagai sumber bahan makanan dalam bentuk protein hewani yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). 

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) menggambarkan besaran nilai tambah bruto yang tercipta sebagai akibat proses produksi barang dan jasa oleh sektor produktif dalam perekonomian suatu daerah tanpa melihat pelaku ekonominya.

Kontribusi sub sektor peternakan pada perekonomian Sumatera Utara masih rendah dibandingkan kontribusi subsektor tanaman pangan dan perkebunan. Selama empat tahun terakhir kontribusi sub sektor ini cenderung naik. 

Kontribusi sub sektor peternakan pada tahun 2012 sebesar 1,87 persen meski di tahun 2013 kontribusi sub sektor ini turun menjadi 1,82 persen namun di tahun 2014 kembali naik menjadi 1,83 persen dan di tahun 2016 kontribusi sub sektor ini sebesar 1,85 persen.

Laju pertumbuhan merupakan salah satu alat ukur untuk melihat keberhasilan dalam pembangunan. Laju pertumbuhan sub sektor peternakan pada tahun 2016 sebesar 6,78 persen.

Masih rendahnya kinerja sub sektor peternakan pada perekonomian Sumatera Utara karena adanya permasalahan yang dijunpai antara lain masih tingginya ketergantungan impor input seperti pakan dan bibit, kualitas produk masih rendah dan produk tidak mampu memenuhi kebutuhan domestik.

Subsektor peternakan masih mempunyai prospek dan peluang untuk dikembangkan karena Sumatera Utara memiliki keunggulan kompetitif yaitu kondisi geografis dan sumber daya alam yang mendukung usaha dan industri peternakan. 

Peran serta pemerintah juga harus ditingkatkan dengan cara mendorong tumbuh kembangnya usaha dan industry peternakan melalui peningkatan kemampuan teknis peternak, memperbaiki infrastruktur dan pemasaran yang akan mendorong terciptanya peningkatan pendapatan. (Rita Herawaty, Fungsional Statistisi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara)
Editor: Mardan H Siregar


Referensi
BPS, 2017. Produk Domestik Regional Bruto menurut Lapangan Usaha Provinsi Sumatera Utara. BPS Provinsi Sumatera Utara. Medan




















Komentar