Larispa Sukses Dampingi STKIP Al Masksum Langkat

Redaksi: Selasa, 27 Februari 2018 | 11.50.00

Ketua Larispa Rizal Hasibuan, Pembinan Yayasan A Julham, Ketua Yayasan Zuraidah , Sekretaris Yayasan Pradana Ch.A,  Ketua STKIP Al Maksum Langkat Mhd Sadri , Puket I STKIP Aceng ,dan Puket III STKIP Afrizal Khan  berfoto bersama setelah menerima Surat Keputusan (SK).(Foto. Jaenal)


MEDAN| HARIAN9
Lembaga Riset Publik (Larispa) Sumut telah berhasil membantu keluarnya surat keterangan (SK) untuk memulai pendidikan Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP) Al Maksum yang beralamat di Jalan Sei Kwala Bingai Stabat kabupaten Langkat. 

Pembina STKIP Al Maksum, A. Julham mengatakan, STKIP ini di ajukan (SK)dari tahun 2015 yang lalu, dan difasilitasi Larispa agar dapat membantu menyelesaikan keluarnya ijin sebagai sekolah yang di akui oleh negara. Dan di tahun 2018 (SK)ini baru disahkan oleh Kopertis Sumut sebagai sekolah tinggi yang dapat dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu bidang pendidikan.

"Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan ini ada 5 jurusan yaitu pendidikan bahasa Inggris, PGSP, IPA, IPS, dan teknik informatika, dengan keluar SK yayasan ini harapannya agar masyakat terbantu untuk lanjutkan pendidikn ke perguruan tinggi yang terkendala masalah finansial dan transfortasi yang mana jarak tempuh tidak jauh," jelasnya Senin (26/2/2018).

Dituturkannya,selama ini pihaknya telah membuka pendidikan SD, SMP, SMA yang tidak  dipungut biaya  apapun dari siswa tersebut,artinya gratis. Sedangkan untuk pembukaan STKIP ini maka pihaknya targetkan mahasiswa minimal 100 per prodi dan 500 orang diusahakan.

"Bulan depan kita sudah mulai promosi karena bulan 4 SMA sudah ujian.adapun prioritas jika ada murid kita yang akan mepanjutkan ke tingkat pergurian tinggi maka di berikan diskon, sedangkan untuk masyarakat yang tidak mampu kita beri beasiswa," ungkapnya.

Julham menambah, pihaknya sudah mempunyai anggota sesuai peraturan kementrian yaitu  6 dosen per prodi ditambah dengan pejabat lainnya. Sehingga jumlahnya ada 12 orang.

Sementara itu, ketua Larispa, Rizal Hasibuan mengatakan,  program pengeluaran SK yang diserahkan langsung oleh sekretaris Kopertis Sumut,serta dihadiri oleh A.Julham sepaku ketua,Zuraidah selaku ketua Yayasan,Pradana Ch.Azhar selaluku sekertaris Yayasan,Mhd Sadri Ketua STKIP,Aceng Puket I STKIP,serta Afrizal Khan sebagai Puket III STKIP.

DR. Mahyuni SPd menuturkan,ini adalah salah satu program keberhasialan oleh larispa untuk mendampingi kampus agar bisa berdiri dan untuk membantu masyarakat di daerah yang tidak ada kampus.

"Jadi selama ini di Kabupaten Langkat cuma ada 2  kampus, dengan bertambahnya kampus ini akan menjadi lebih mudah akses akan dunia pendidikan, dan pastinya akan semakin gampang," katanya.

Dikatakannya, setelah ini pihaknya akan bantu kampus kampus daerah lain dan berkomitmen untuk membantu dunia pendidikan, agar masyarakat Indonesia tidak jauh ketinggalan didunia pendidikan.

"Kami berkomitmen membantu yayasan Al Maksum karena yayasan ini sejak berdirinya  SD, SMP, SMA yayasan ini tidak  dipungut biaya kepada siswanya, artinya memang prioritaskan masyarakat kecil," pungkasnya. (Jae9)



Komentar