Melihat Perjuangan KPU Tapsel Sosialisasikan Gerakan MenCoklit Hingga Daerah Terpencil

Redaksi: Minggu, 11 Februari 2018 | 22.07.00

Rombongan Komisioner KPU Tapsel dipimnpin Ketua KPU Ir Potan Edi Siregar sedang beristirahat sejenak saat menyisir daerah trisolir dan terpencil dalam rangka melakukan sosialisasi Gerakan Coklit, di Dusun Tano Ponggol Desa Dalihan Natolu Kecamatan Arse Kabupaten Tapsel, Kamis (8/2). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Pagi yang cerah dan sedikit ber embun, beberapa sepeda motor (septor) terlihat sedang beriringan melaju di atas jalanan tanah di lereng perbukitan yang memiliki kemiringan cukup terjal dan licin, membuat rombongan pengendara septor harus ekstra hati-hati dan waspada agar tidak tergelincir.

Para rombongan merupakan personil Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sedang menuju wilayah terisolir dan terpencil, dalam rangka melaksanakan tugas Negara untuk melakukan sosialisasi Gerakan Cocokan dan Teliti (Coklit), dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Dusun Tano Ponggol Desa Dalihan Natolu Kecamatan Arse Kabupaten Tapsel, Kamis (8/2).

Rombongan dipimpin Ketua KPUD Potan Edi Siregar didampingi sejumlah Komisioner KPUD Tapsel, Staf Sekretariat KPU Tapsel, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Arse, anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), dibantu pemandu dari masyarakat setempat.

Untuk mencapai daerah Tano Ponggol, rombongan yang berjumlah 12 orang dengan menggunakan 6 unit sepeda motor harus menempuh perjalanan 4 jam yang jaraknya sekira 30 kilometer dari Ibu Kota Kecamatan dengan menembus dan keluar masuh hutan belantar serta kebun-kebun masyarakat.

Karena tidak adanya askes jalan kenderaanpun cukup sulit menjangkau daerah tersebut, selain menggunakan transportasi kuda beban atau septor bila kondisi cuaca tidak hujan.

Selama dalam perjalanan, rombongan sesekali harus berhenti sejenak dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki beberapa kilometer dan menyeberangi beberapa anak sungai, sehingga, sementara septor yang mereka gunakan harus didorong, bahkan harus dipinggul beramai-ramai bila menemukan medan berat.

Keletihan sama sekali tidak mereka rasakan setelah tiba di Dusun Tano Ponggol, apalagi rombongan disambut dengan antusias oleh warga setempat. 

Disana Ketua KPU Tapsel Ir. Potan Edi Siregar menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke Dusun Tano Ponggol, yakni untuk melakukan sosialisasi Gerakan Coklit di Dusun Tano Ponggol Desa Dalihan Natolu Kecamatan Arse Kabupaten Tapsel.

Usai melakukan pen Coklit an di sejumlah rumah warga di Dusun Tano Ponggol, petugas menyerahkan stiker Coklit di rumah-rumah yang disambangi dan mengingatkan kepada warga agar jangan lupa mencoblos di Pilgubsu 27 Juni 2018 mendatang.

“Mari kita Sukseskan Pilgubsu 2018 dengan mendatangi TPS dan menggunakan hak pilih kita pada 27 Juni mendatang. Gunakan hak pilih, tentukan pilihan karena pilihan kita akan menentukan masa depan Sumut kedepannya,“ ujar Potan Edi.

Ditambahkannya, sosialisasi Gerakan Coklit dilaksanakan serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pilkada 2018, termasuk di Kabupaten Tapsel. Selanjutnya, jajaran KPU, PPK, PPS dengan Petugas PPDP di Desa untuk bersama melakukan pencoklitan data pemilih kerumah-rumah warga (door to door).

“Saya mengapresiasi peran serta seluruh tim yang terlibat melakukan sosialisasi Gerakan Coklit dalam rangka Pilgubsu di Dusun Tano Ponggol ini, mengingat geografis daerah itu yang cukup sulit di jangkau dan terisolir, sehingga diperlukan strategi khusus untuk menjangkaunya,“ paparnya.

Didampingi Sekretaris PPK Kecamatan Arse Imran Pane, Ketua KPU Tapsel Ir. Potan Edi Siregar menambahkan, Dusun Tano Ponggol Desa Dalihan Natolu Kecamatan Arse salah satu daerah di Kabupaten Tapsel yang sulit dijangkau kendaraan, karena medan jalan yang masih jalan tanah liat, bertebing dan berliku. Selain itu, sering longsor dan memutuskan sarana penghubung.

“Daerah-daerah terpencil di Tapsel telah menjadi prioritas dala mensosialisasikan Gerakan Coklit. Hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi keterlambatan dalam melakukan sosialisasi dan pendataan,“ jelasnya.

Sementara, salah seorang warga yang juga tokoh agama di Dusun Tano Ponggol menyambut baik dengan kedatangan petugas untuk melakukan penCoklitan data dan menganggap kegiatan ini sangat penting untuk perbaikan data yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, ia mengajak seluruh warga khususnya di Dusun Tano Ponggol Desa Dalihan Natolu Kecamatan Arse untuk turut berperan menyukseskan Pilgubsu 2018 dengan menggunakan hak pilih pada 27 Juni mendatang. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar  
                                                                                                











  

Komentar