Pemko Padangsidimpuan Gelar Sosialisasi Saber Pungli dan OTT

Redaksi: Rabu, 28 Februari 2018 | 22.45.00

Pemko Padangsidimuan menggelar sosialiasi sosialisasi pencegahan dan penghapusan Saber Pungli dan OTT, di aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Senin (26/2). (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Dalam rangka memberikan pemahaman kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Inspektorat Daerah Kota Padangsidimpuan menggelar sosialisasi pencegahan dan penghapusan Sapu Bersi (Saber) Pungutan Liar (Pungli) dan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Senin (26/2).

Kegiatan yang berthema ‘Mari Bersama Kita Sapu Bersih Pungli’, dibuka oleh Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sedako) Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM, dihadiri Asisten I Setdakota Padangsidimpuan Iswan Nagabe serta seluruh pimpnan OPD di lingkungan Pemko Padangsidimpuan.

Sementara narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Ketua tim Saber Pungli Kota Padangsidimpuan Kompol JW Sijabat, SH yang juga Waka Polres Kota Padangsidimpuan, Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejaksaan Negeti (Kejari) Padangsidimpuan Soleh Dalimunthe, SH dan Kepala Inspektorat Daerah Kota Padangsidimpuan Rahmad Marzuki, SH.

Pj.Walikota Padangsidimpuan DR. H sarmadan Hasibuan, SH, MM melalui Sekdakota Drs. H Zulpeddi Simamora, MM dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Inspektorat dan narasumber dari Polres Padangsidimpuan serta Kejari Padangsidimpan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan sosialisasi Saber Pungli ini dan berharap tindak lanjut dari kegiatan ini akan menambah wawasan dan profesionalisme jajaran OPD dalam melaksanakan tugas selaku pelayan masyarakat dalam rangka meminimalisir dan mengantisipasi perbuatan yang tidak baik ini di segala lini,“ ujar Walikota.

Dikatakannya, komitmen yang kuat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap pemberantasan pungli ini akan menjadi ujung tombak dalam pemerintahan yang bersih, bebas pungli.

“Pungli tentunya meresahkan masyarakat karena seperti membudaya dan berlangsung selama bertahun-tahun, oleh karena itu saya mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemko Padangsidimpuan untuk ikut mendukung pemberantasan pungli,“ himbau Walikota.

Walikota juga menjelaskan, untuk menciptakan sistem yang berintegritas harus dimulai dari diri sendiri untuk berkomitmen tegas dalam menghentikan pungli di lingkungan Pemko Padangsidimpuan serta jangan sampai terlibat dalam pungli.

“Pada prinsipnya komitmen yang kuat dari ASN perlu dimulai dengan perubahan pola pikir dan perilaku, karena seberapa bagus pun regulasi yang ada tanpa didukung oleh pola pikir dan perilaku ASN yang baik tidak akan memberikan perubahan yang berarti dalam pemberantasan pungli,“ katanya.

Walikota Sarmadan Hasibuan dalam kesempatan tersebut juga menghimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti acara sosialisasi dengan baik dan bersungguh-sungguh. sehingga dapat menyerap materi yang diberikan oleh narasumber dengan baik.

“Kepada peserta sosialisasi saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik dan dapat diterapkan di lingkungan OPD masing-masing, sehingga dari apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud dengan baik, yaitu Kota Padangsidimpuan yang bebas dari pungutan liar,“ tegasnya.

Sementara Inspektur Daerah Kota Padangsidimpuan Rahmad Marzuki, SH mengaku bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar peserta mengetahui bahwa pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan.

“Pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu pemberantasan secara tegas, terpadu, efisien dan efektif serta mampu menciptakan efek jera kepada para pelaku dan menjadikan Padangsidimpuan sebagai good governance yang bebas dari pungutan liar,“ jelas Marzuki.

Waka Polres Kota Padangsidimpuan Kompol JW Sijabat, SH selaku Ketua Tim Saber Pungli Kota Padangsidimpuan dan juga narasumber dalam sosialiasi tersebut menekankan pentingnya dilakukan sosialisasi pencegahan Pungli, yang mana sebagai gebrakan Tim Saber Pungli untuk memberantas praktek-praktek Pungli yang semakin marak berkembang saat ini, sekaligus meneruskan Perpres No 87 Tahun 2016 Tentang Satgas Saber Pungli.

“Saya pikir, siapapun dari kita harus sepakat bahwa Pungli adalah kejahatan yang sesungguhnya merupakan cerminan dari bobroknya kualitas komitmen, mental dan spiritual pelaku Pungli tersebut. Sekarang adalah era yang terbuka, segala praktek Pungli akan dengan mudah terendus oleh siapapun yang menjadi korban ataupun terlibat didalamnya,” kata JW Sijabat.

Untuk itu kepada seluruh instansi yang hadir pada sosialisasi ini dapat membangun etos kerja baru sekaligus budaya baru dalam penyelenggaraan publik serta menekankan agar jangan mencederai kepercayaan masyarakat dengan merusak citra pemerintah melalui praktek pungli, melainkan harus mengembalikan kepercayaan masyarakat dengan membangun citra baru pelayanan publik yang berkualitas, sederhana, cepat, transparan dan akuntabel.

“Ingat, Saya sudah berkomitmen untuk tidak akan segan-segan menindak tegas siapapun yang terbukti melakukan pungli. Segera laporkan kepada Tim Saber Pungli bila terjadi praktek-praktek pungli di Kota Padangsidimpuan,“ tegasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar