Peranan Sub Sektor Hortikultura Pada Perekonomian Wilayah Sumatera Utara

Redaksi: Senin, 19 Februari 2018 | 19.55.00

Kontribusi Subsektor Hortikultura pada PDRB Sumatera Utara Tahun 2012-2016. (Sumber: BPS, 2017)


Oleh: Rita Herawaty

Sub sektor hortikultura merupakan salah satu sub sektor yang menjadi andalan dalam pembangunan perekonomian Sumatera Utara. 

Saat ini sub sektor hortikultura tumbuh menjadi salah satu sumber kekuatan ekonomi karena sub sektor hortikultura merupakan komoditas yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup ekonomis dibandingkan dengan komoditas pertanian lainnya yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat selain itu komoditas hortikultura juga merupakan salah satu sumber pangan bergizi, estetika dan obat-obatan. 

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). 

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) menggambarkan besaran nilai tambah bruto yang tercipta sebagai akibat proses produksi barang dan jasa oleh sektor produktif dalam perekonomian suatu daerah tanpa melihat pelaku ekonominya.

Kontribusi sub sektor hortikultura pada perekonomian Sumatera Utara masih rendah dibandingkan kontribusi subsektor tanaman pangan dan perkebunan. Selama empat tahun terakhir kontribusi sub sektor ini cenderung menurun. 

Kontribusi sub sektor hortikultura pada tahun 2012 sebesar 2,76 persen turun menjadi 2,67 persen di tahun 2013 dan turun kembali menjadi sebesar 2,31 persen di tahun 2016.


Meskipun kontribusi sub sektor hortikultura terus menurun selama empat tahun terakhir namun di tahun 2016, sub sektor ini tumbuh sebesar 2,13 persen. 

Rendahnya kontribusi sub sektor hortikultura pada perekonomian Sumatera Utara menunjukkan bahwa potensi komoditas hortikultura belum dimanfaatkan secara maksimal. 

Hal ini mejadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kinerja subsektor hortikultura mengingat komoditas hortikultura memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan masih besarnya potensi yang dapat dikembangkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Rita Herawaty, Fungsional Statistisi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara)
Editor: Mardan H Siregar

Referensi
BPS, 2017. Produk Domestik Regional Bruto menurut Lapangan Usaha Provinsi Sumatera Utara. BPS Provinsi Sumatera Utara. Medan 











Komentar