Polisi Berhasil Selamatkan Paslon Wali Kota Dari Aksi Penculikan

Redaksi: Jumat, 09 Februari 2018 | 21.51.00

Aparat kepolisian dari Polres Padangsidimpuan dan Brimobdasu sedang menghadang massa yang mencoba berbuat anarkis dan melindungi kandidat Paslon dari aksi penculikan oleh OTK pada adegan simulasi Pammatan Kampanye Paslon untuk Pilkada serentak 2018 di halaman di Halaman Bolak Padangsidimpuan, Rabu (7/2). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Ratusan aparat kepolisian dari Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan dan personil Brimob berhasil mengamankan dan menyelamatkan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Padangsidimpuan dari aksi penculikan yang dilakukan puluhan Orang Tak Dikenal (OTK), saat kandidat Paslon Wali Kota usai kampanye Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan di satu daerah di Kota Padangsidimpuan.

Penyelamatan Paslon Wali Kota dan Waki Wali Kota Padangsidimpuan itu diperagakan pasukan Pengamanan dan Penyelamatan (Pammatan) Kampanye Paslon dari Polres Padangsidimpuan melalui simulasi Pammatan Kampanye Paslon Pilkada Kota Padangsidimpuan dan Pilgubsu, di Halaman Bolak Padangsidimpuan, Rabu (7/2).

Hadir menyaksikan simulasi peragaan Pammatan Kampanye Pilkada tersebut, Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, S.Ik, MH, Waka Polres Kompol JW Sijabat, SH, para Kabag, Kasat, Kapolsek se jajaran Polres Padangsidimpuan.

Peragaan yang ditampilkan personil Polres Padangsidimpuan yang di back up personil Brimobdasu itu terdiri dari 16 adegan, yang intinya bagaimana cara melakukan tindakan persuasive dan represif dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada mendapat aplaus dari warga yang menyaksikan.

Dalam simulasi Pammatan Kampanye Pilkada serentak Kota Padangsidimpuan dan Pilgubsu 2018 itu, selain menggambarkan bagaimana proses penyelamatan terhadap Paslon Wali Kota yang diduga akan diculik, juga diperagakan bagaimana aparat kepolisian harus melakukan tindakan tegas dan mengamankan puluhan massa yang coba melakukan tindak anarkis saat kampanye berlangsung.

Tindakan tegas yang dilakukan aparat kepolisian ini karena massa sudah tidak terkendali, sehingga massa yang mencoba melakukan bolkade jalan umum dengan membakar ban bekas di tengah jalan terpaksa harus diberi tindakan tegas dan massa terlihat kucar kacir setelah aparat keamanan melakukan blokade dan menembakkan air dari kederaan water canon yang telah dipersiapkan.

Setelah kondisi aman, petugas kepolisian langsung menggiring Paslon dengan pengawalan ketat untuk menuju arena kampanye. Sementara para perusuh yang diamankan langsung menjalani pemeriksaan di Mapolres Padangsidimpuan.

Usai peragaan simulasi Pammatan Kampanyye Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota  Padangsidimpuan, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, S.Ik, MH didampingi Waka Polres Kompol  JW Sijabat, SH mengatakan, peragaan yang dilakukan ini sebagai bukti keseriusan jajarannya dalam mengamankan terlaksananya Pilkada serentak dengan lancar.

Dikatakan, Simulasi peragaan Pammatan Kampanye Paslon Pilkada tersebut, selain untuk mengamankan para kandidat yang akan bertarung memperebutkan “Salak 1 “ pada Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang, juga upaya dan tindakan hukum terhadap siapa saja yang mengganggu berlangsungnya Pilkada mulai dari tahapan kampanye, pemungutan suara hingga perhitungan suara.

“Untuk Pilkada Kota Padangsidimpuan dan Pilgubsu, pihaknya akan menerjunkan lebih dari 300 personil yang dibantu oleh pasukan Brimobdasu untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Padangsidimpuan tahun 2018 dan pihak yang merasa kurang senang dan membuat pelaksanaan Pilkada terganggung langsung kita diredakan serta mengamankan pelaku dan memprosesnya secara hukum,“ katanya.

Kapolres juga mengatakan, sampai saat ini jajaran Polres Padangsidimpuan telah siap, bahkan paling siap dalam pelaksanaan Pilkada serentak, baik itu segi pengamanan, personil, dll dan semua ini telah mendapat dukungan positif  dari semua pihak baik itu para Balon KDH yang akan bertarung, maupun elemen masyarakat Kota Padangsidimpuan yang menginginkan pelaksanaan Pilkada di Kota Padangsidimpuan berjalan kondusif.

“Saya mengharapkan keseriusan kita dalam mengamankan jalannya pelaksanaan Pilkada ini dapat didukung semua pihak sehingga Pilkada serentak di Kota Padangsidimpuan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga berjanji akan sikat habis bagi siapa saja yang coba-coba mengganggu kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Padangsidimpuan dan berharap, Pilkada bisa kondusif dan lancar jika seluruh elemen masyarakat dan tim-tim sukses para Paslon bisa bersikap dan bertindak dingin, termasuk mengajak seluruh simpatisannya untuk siap menang dan siap kalah nantinya.

“Saya yakin masyarakat Kota Padangsidimpuan semua rukun-rukun, semoga tidak ada kerusuhan saat Pilkada berlangsung,” jelas AKBP Hilman seraya menegaskan, pihaknya tidak main-main terhadap pelaku “teror” dalam pelaksanaan Pilkada serentak nanti. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar








Komentar