Siswa-siswi MI/MTs Miftahul Ulum Serbu Si Mokos

Redaksi: Rabu, 21 Februari 2018 | 02.18.00

Si Mokos beroperasi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Mdrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum Dsn Curah Ancar Desa Rambipuji Kec Rambipuji Kab Jember yang kedatangannya langsung diserbu oleh 345 orang siswa-siswi sekolah tersebut, pada Selasa (20/02/2018) Pukul 08.00 WIB(Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Keberadaan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial yang disingkat “Si Mokos” memang cukup unik sekali, kendaraan beroda tiga yang dioperasikan oleh Koramil tersebut merupakan salah satu sarana komunikasi sosial yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, meskipun telah di launching sejak Minggu (05/11/2017) Pukul 06.30 WIB di area Car Fre Day Alun-alun Jember.

Si Mokos beroperasi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Mdrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum Dsn Curah Ancar Desa Rambipuji Kec Rambipuji Kab Jember yang kedatangannya langsung diserbu oleh 345 orang siswa-siswi sekolah tersebut, pada Selasa (20/02/2018) Pukul 08.00 WIB.

Operasional Si Mokos yang melibatkan Anggota Koramil 0824/13 Rambipuji dipimpin oleh Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dalam (Bati Tuud) Pelda Sari dengan 5 orang anggota lainnya tersebut saat datang sudah dikerumuni oleh siswa-siswi , hingga petugas kesulitan membuka bok motor.

Kemudian setelah dibuka dan berisi segala buku bacaan yang merupakan pengetahuan umum dan unit telivisi untuk pemutaran film perjuangan para siswa-siswi tersebut diberikan arahan oleh operator terkait keberadaan Si Mokos  yang disediakan untuk adik-adik semua.

Satu persatu dari adik-adik tersebut memilih buku dan membacanya untuk menambah wawasan pelajar sehingga tidak hanya menguasai mata pelajaran saja tetapi juga memiliki pengetahuan umum yang memadai dengan membaca buku-buku umum yang disediakan oleh Si Mokos.

Nur Aini Siswa MTs Miftahul Ulum saat diwawancarai menyampaikan terima kasih dengan kedatangan Si Mokos ini, kemarin memang sudah diberitahukan oleh guru terkait dengan akan kedatangan Si Mokos ini, kami bersama teman-teman juga penuh tanda tanya karena baru kali ini TNI ternyata punya perpustakaan keliling seperti ini, sekali lagi terima kasih Pak TNI.

Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Harsono membenarkan adanya operasional Si Mokos di sekolah tersebut, memang saya sudah instruksikan kepada Babinsa untuk berkoordinasi dengan pihak sekolah diwilayahnya untuk mendatangkan Si Mokos ini sehingga dapat diatur jadwalnya, serta tidak mengganggu jam mata pelajaran sekolah.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa Si Mokos ini memang hanya ada di wilayah Kodam V/Brw karena hal ini merupakan inisiasi Kodam V/Brw untuk membangun Komunikasi Sosial yang lebih koperhensif dengan masyarakat utamanya generasi muda.

"Setiap Kodim sementara ini memang mendapatkan 1 unit motor Si Mokos karena keterbatasan dana pengadaan, sehingga sarana yang ada ini kita operasikan secara bergantian gilir Koramil, kalau bulan ini diwilayah Rambipuji mungkin bulan berikutnya di Koramil lainnya, dan seterusnya hingga merata diwilayah Kab Jember," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar