SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Babinsa Bersama PPL Hadiri Selamatan Petik Panen Pok Tani Rukun Tani Ds Dukuh Dempok

Redaksi: Minggu, 25 Maret 2018 | 00.15.00

Bertempat di jalan lahan kelompok Tani Rukun Tani Ds Dukuh Dempok Kec Wuluhan Kab Jember pada Sabtu (24/03/2018) Pukul 08.00 WIB, dilaksanakan selamatan petik padi, selamatan tersebut menandai akan diadakannya panen raya di kelompok tani tersebut. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Bertempat di jalan lahan kelompok Tani Rukun Tani Ds Dukuh Dempok Kec Wuluhan Kab Jember pada Sabtu (24/03/2018) Pukul 08.00 WIB, dilaksanakan selamatan petik padi, selamatan tersebut menandai akan diadakannya panen raya di kelompok tani tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala UPT Pertanaman Pangan Joko Santoso, Babinsa Serda Darminto, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Yeppy Yanuarto dan Ketua Kelompok Tani Anam S bersama  anggotanya beserta keluarga sekitar 200 orang.

Pada acara tersebut dalam sambutannya Anam S menyatakan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir, serta menyampaikan bahwa selamatan ini sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT atas keberhasilan petani dalam mengelola pertaniannya, dari pengolahan lahan pada musim tanam (MT-1) hingga panen ini tidak ada hambatan yang berarti.

Sekaligus menyampaikan terima kasih atas pendampingan oleh Babinsa bersama PPL yang telah memberikan bimbingan tehnis dan menitoring dengan telaten PPL bersama P Babinsa bahkan kepala UPT pun ikut aktif turun kesawah sehingga kamipun semakin semangat.

Selanjutnya Kepala UPT Pertanaman Pangan Joko Santoso dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para petani yang akan memanen padinya, melihat tanaman yang begitu subur dan buliran padi yang banyak seperti ini mudah-mudahan dapat hasil yang maksimal.

Serda Darminto dalam konfirmasinya disela-sela acara tersebut menyampaikan bahwa kelompok tani dengan anggota sekitar 57 orang dan luas lahan sekitar 100 hektar tersebut anggotanya sangat kompak sekali sehingga dalam menghadapi berbagai kendala mudah koordinasi dan mobilisasinya sehingga pendampingan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta pengelolaan pertaniannya tidak mengalami kendala dan permasalahan.

Danramil 0824/23 Wuluhan Kapten Arm Pujianto dalam konfirmasinya membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, dirinya sebenarnya akan datang memenuhi undangan kelompok tani tersebut namun karena sedang ada kegiatan  dinas di Kodim 0824 sehingga saya tidak dapat hadir.

Namun demikian saya turut berbahagia dengan adanya selamatan petik padi tersebut tentunya saat-saat berbahagia bagi petani yang akan memanen padinya, saya berharap dan menghimbau agar hasil panennya dapat disalurkan atau dijual ke Bulog Sub Divre XI Jember atau kepada petugas Sergap Kodim 0824 Jember guna mendukung perkuatan stock gabah pemerintah dalam memantapkan swa sembada pangan nasional.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi sangat mendukung kegiatan pendampingan yang telah dilakukan dengan baik oleh anggota Jajarannya tersebut, program ketahanan pangan sebagai bagian dari ketahanan nasional harus selalu kita perkuat dengan peningkatan produksi dan penyaluran hasil panen yang benar.

Sehingga keberadaan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan memiliki tujuan secara sosial maupun secara strategis, secara sosial tentunya meningkatkan kesejahteraan petani dan secara strategis tentunya dalam mendukung program ketahanan pangan tersebut. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar