Babinsa Bersama PPL Kelurahan Baratan Dampingi Panen Pok Tani

Redaksi: Selasa, 20 Maret 2018 | 22.56.00

(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Bertempat di lahan milik Rohima anggota kelompok tani (Pok Tani) Maju Jaya Kelurahan Baratan Kec patrang Kabupaten Jember Pada Senin (19/03/2018) Pukul 08.30 WIB, dilaksanakan pendampingan panen padi.

Panen Padi seluas 1 hektar tersebut mampu menghasilkan 9 ton gabah hal tersebut merupakan hasil panen yang termasuk luar biasa karena daerahnya merupakan ketinggian dengan irigasi yang tidak selalu lancar.

Hadir pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Suwignyo dan Sertu Luber Tego S bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Yusningtyas Ningrum, SP yang melaksnakan pendampingan bersama, pada kesempatan tersebut Babinsa juga menghimbau kepada petani untuk menjual padinya kepada Bulog Sub Divre Jember ata petugas  Serapan Gabah Petani (Sergab) yang ditunjuk dari Kodim 0824.

Rohima 53 tahun anggota Pok Tani Maju Jaya saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dirinya bersama masyarakat tani lainnya sangat diuntungkan dengan pola pendampingan Babinsa dengan PPL ini, karena di samping mendapatkan arahan teknis-teknis pertanian sehingga hasil pertanian kami dapat optimal, juga dibantu alat mesin pertanian dalam mempercepat dan efektifitas biaya pengolahan lahan.

Komandan Koramil 0824 Jember Kapten Inf Endro Bawono KH saat dikonfirmasi membenarkan adanya pendampingan pertanian tersebut bahkan seluruh Babinsa sudah diperintahkan untuk memonitor pertanian diwilayahnya karena kalaupun belum panen saat-saat seperti ini pasti pada puncak pertumbuhan padi yang rentan serangan hama.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar pun sangat mendukung kegiatan pendampingan yang aktif dilakukan oleh jajarannya, Pertengangan Bulan  Maret 2018 memang merupakan panen raya, sehingga seluruh jajaran hendaknya melakukan penyerapan, himbauan-himbauan secara maksimal kepada petani untuk mengoptimalkan serapan gabah.

Meskipun stock gabah maupun beras di Bulog Sub Divre Jember saat ini surplus namun kita harus terus memperkuatnya guna mendukung peningkatan stock beras ataupun gabah nasional dalam memantapkan swa sembada pangan nasional, guna mensukseskan  program ketahanan pangan nasional sebagai bagian dari pertahanan nasional. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar



  

  


Komentar

SUMUT BERMARTABAT