Danramil 0824/24 Ambulu Beserta Muspika Hadiri Selamatan Petik Padi

Redaksi: Sabtu, 31 Maret 2018 | 20.13.00

Gapoktan Ds Sabrang yang mengadakan selamatan petik padi pada Sabtu (31/03/2018) pukul 08.00 WIB, di hamparan lahan sawah Dsn Krajan Ds Sabrang Kec Ambulu Kabupaten Jember. (Foto: Sis24) 

JEMBER| HARIAN9 
Selamatan petik padi merupakan salah satu adat dari sebagian besar petani di Kabupaten Jember sebagai wujud rasa syukur petani atas tanaman padinya yang dapat tumbuh dengan subur hingga panen tanpa gangguan hama tanaman.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ds Sabrang yang mengadakan selamatan petik padi pada Sabtu (31/03/2018) pukul 08.00 WIB, di hamparan lahan sawah Dsn Krajan Ds Sabrang Kec Ambulu Kabupaten Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Ambulu Sutarman, Danramil 0824/24 Ambulu Kapten Inf Asno, Kapolsek Ambulu AKP Sugeng Piyanto Koordinator PPL Dinas Pertanaman Pangan Kab Jember Wawan S, Kepala Desa Sabrang Subiantoro, Babinsa Sabrang Koptu Suparno dan anggota Gapoktan se Desa Sabrang sebanyak 150 orang.

Acara diawali dengan ubinan di lahan milik Dul Mukti dengan hasil diperkirakan per hektare mencapai 12 ton gabah kering sawah yang sambut tepuk tangan oleh selurih hadirin yang menyaksikan jalannya ubinan tersebut.

Ketua Gapoktan Ds Sabrang Zainul saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa produksi pertanian pada musim tanam Oktober 2017 sampai dengan Maret 2018 ini memang rata-rata hasilnya lumayan bagus, hal ini dilihat dari nilai ubinannya di mana di wilayah Kec Ambulu ini rata-rata per hektar mampu berproduksi di atas 10 ton.

Hal ini merupakan hasil produksi maksimal selama ini dan kalau hasil ini dapat dipertahankan saya kira petani kita akan semakin sejahtera, dan hal ini tentunya berkat kerjasama semua pihak serta pendampingan TNI melalui Babinsa bersama PPL yang selalu aktif turun ke sawah.

Acara selanjutnya dilakukan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an kemudian istighosah dilanjutkan sambutan-sambutan dan pemotongan tumpeng dan diakhiri oleh acara tambahan pelepasan bibit ikan lele di saluran irigas dan hiburan Wayang Kulit dengan Ki Dalang Sujito.

Danramil 0824/24 Ambulu saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dirinya sekaligus mewakili Komandan Kodim 0824 Jember yang tidak dapat hadir karena pada waktu yang bersamaan ada beberapa acara bersama Forkopimda Jember.

Terkait dengan program pendampingan diwilayah Kormil 0824/24 Ambulu hingga saat ini memang masih ada sekitar 30% yang belum panen termasuk lahan Gapoktan Sabrang ini, dan dalam panen ini saya sudah menghimbau kepada petani agar menjual gabahnya kepada Bulog atau petugas serapan gabah dari Kodim 0824.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait kegiatan tersebut menyampaikan permohonan maafnya karena tidak bisa menghadiri acara di Ds Sabrang tersebut karena padatnya kegiatan tingkat Forkopinda pada waktu yang bersamaan sehingga beberapa kegiatan terpaksa saya wakilkan kepada Perwira Staf maupun Danramil.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan selamat kepada para petani yang memanen sawahnya dengan hasil yang bagus seperti di wilayah Gapoktan Ds Sabrang tersebut, saya berharap seluruh petani hasil panennya bagus sehingga produksi pertanian di Kabupaten Jember ini meningkat, dan jangan lupa agar menyalurkan penjualan hasil panennya kepada Bulog atau petugas Serapan Gabah dalam rangka memperkuat stock gabah Pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan sebagai bagian dari pertahanan nasional. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar




Komentar