Kebersihan Lingkungan Harus Dibudayakan

Redaksi: Sabtu, 31 Maret 2018 | 19.16.00

Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu saat menjadi narasumber pada sosialisasi Desa Binaan Kategori LBS, di di halaman Kantor Kepala Desa Siamporik Lombang Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapsel, Kamis (29/3). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu menekankan kepada masyarakat bahwa budaya kebersihan lingkungan agar tetap dimasyarakatkan, karena dengan berihnya lingkungan, kesehatan juga dapat terjaga.

Hal itu disampaikan Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu saat menjadi narasumber pada sosialisasi Desa Binaan Kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), di di halaman Kantor Kepala Desa Siamporik Lombang Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (29/3).

Acara Sosialisasi dihadiri pengurus TP PKK Kabupaten Ny. Sunarsih Hamdan Zen, Plt Kadis Perikanan, Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup, Satpol PP, Ketua TP PKK Kecamatan Angkola Selatan Ny. Ribut Zamhir, Babinkabtibmas, Danramil, Ketua PKK Desa, Kelompok Dasawisma, tokoh masyarakat, Tutor PAUD, Karang Taruna, Kader Posyandu, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa Siamporik Lombang.

Lebih lanjut dikatakannya, hal yang ingin dicapai dalam mewujudkan LBS adalah kualitas dan kuantitas kelompok Dasawisma yang telah di SK kan oleh Kepala Daerah. 

Kemudian meningkatnya kemampuan tertib administrasi di desa, serta penerapan tertib administrasi pemerintahan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

“Saya mendorong seluruh mayarakat di Desa ini untuk bahu membahu mewujudkan LBS sehingga dapat menjamin terciptanya masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani yang muaranya tercipta masyarakat yang sejahtera,“ jelasnya.

Disebutkannya, ditetapkannya Desa Siamporik Lombang sebagai Desa Binaan berdasarkan SK Bupati Tapanuli Selatan yang sebelumnya telah dilakukan survey dari Badan Pemdes Tapsel yang dibantu oleh tim dari kecamatan Angkola Selatan untuk diikutsertakan di tingkat provinsi mewakili Kabupaten Tapsel.

“Kami telah menunjuk Dinas Kesehatan Daerah Tapsel sebagai Koordinator dibantu Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, dan Dinas Perikanan Tapsel untuk membantu mewujudkan Desa Siamporik Lombang menjadi Desa yang benar-benar memiliki LBS,“ paparnya.

Sementara Camat Angkola Selatan Zamhir SE mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kabupaten yang telah hadir dan memberikan pamaparan dan bahan untuk dilaksanakan oleh Desa Siamporik Lombang menuju Desa yang memiliki LBS, serta berharap kepada Dinas Kesehatan Daerah Tapsel sebagai koordinator penanggungjawab untuk memfasilitasi baik berupa penyuluhan maupun pembinaan.

Kepala Desa Siamporik Lombang Abdul Rahman Siregar saat memaparkan profil Desa Siamporik Lombang menyebutkan saat ini jumlah penduduk di desanya terdiri dari 140 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 638 orang yang tersebar di dua Kampung yaitu Kampung Siamporik Lombang dan Kampung Hasugian. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar