SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Kemenko PMK Ajak Semua Sektor Tanggulangi Tuberkulosis

Redaksi: Minggu, 25 Maret 2018 | 10.14.00



JAKARTA| HARIAN9
Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Sigit Priohutomo, mengatakan Hari Tuberkulosis (TB) se dunia diperingati setiap tanggal 24 Februari. Dalam peringatan ini, dikampanyekan Pemerintah di Kementerian/Lembaga dan para profesional kesehatan, agar terus menyerukan upaya global untuk menemukan, mengobati, dan menyembuhkan (3M) penyakit TB. 

Tema global peringatan hari TB sedunia ini adalah Wanted: Leaders for a TB Free World, You Can Make History. End TB.

Tujuannya adalah agar segera mempercepat upaya mengakhiri TB pada Tahun 2030 mendatang. Yakni dengan langkah Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS). 

"Sesuai tema global, kami mengharapkan seluruh  leader kementerian/lembaga, tokoh masyarakat, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat untuk bersama sama dapat menanggulangi kasus TB. Dalam kesempatan ini mengajak seluruh hadirin untuk mengevaluasi diri mencegah, mempromosikan, mengobati dan mengawasi serta melakukan rehabilitasi," tuturnya,  saat memberikan sambutan pada peringatan hari tuberkulosis sedunia yang digelar di area monumen nasional (Monas), sabtu pagi (24/03).

Diajaknya, seluruh sektor untuk dapat bergerak bersama menemukan TB. TB yang menular agar dijadikan fokus untuk diobati, sisembuhkan, dan dilakukan evaluasi dengan sebaik-baiknya. 

"Dalam peringatan hari TB ini saya mengajak semua pihak untuk bersama sama mencegah, menemukan dan mengobati tuberkulosis sampai sembuh. Semoga masalah TB di Indonesia segera dapat teratasi," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga Sigit bersama dengan Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek dan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat menyerahkan alat kesehatan berupa Audiometri dan Elektrokardiografi yang diserahkan kepada 15 perwakilan RS yg tersebar di Indonesia. 

Dengan bertambahnya sarana yang ada diharapkan dapat meningkatkan pelayanan mutu kepada masyarakat Indonesia dan memutus matarantai TB sehingga pada tahun 2030 dapat terwujud Indonesia dan dunia Eliminasi TB 2030.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek; Ketua Tim Penggerak PKK Puasat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo; Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta; Suku Dinas Kesehatan Seluruh Wilayah; Para Wakil Organisasi Profesi dan Lembaga Swadaya Masyarakat; Wakil Mitra Internasional seperti WHO, USAID, KMCV, IRD; Serta hadirin lainnya. (kemenkopmk/03)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar