KPU Paluta Lantik 36 Anggota PPK Untuk Penyelenggaraan Pemilu 2019

Redaksi: Sabtu, 10 Maret 2018 | 22.54.00

Salah seorang perwakilan anggota PPK yang dilantik melakukan penanda tanganan fakta integritas saat acara pelantikan di kantor KPU Paluta, Sabtu (10/3). (Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melantik 36 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019, di halaman kantor KPU Paluta, Sabtu (10/3).

Pelantikan dan pengambilan sumpah 36 anggota PPK yang bertugas di 12 kecamatan yang ada di Paluta tersebut tampak di hadiri oleh Panwaslih Kabupaten Paluta, utusan dari pemkab Paluta, Kemenag, TNI, Polri dan sejumlah pengurus Partai Politik.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan selanjutnya sekretaris KPU Paluta Panjang Matua SH MM membacakan salinan SK keputusan KPU Paluta nomor 105/PP.05.1-Kpt/1220/KPU-Kab/III/2018 Tanggal 8 maret 2018, tentang penetapan dan pengangkatan PPK Se-Kabupaten Paluta dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Selanjutnya Panjang Matua memanggil nama nama 36 orang anggota PPK yakni masing-masing 3 orang anggota PPK per-Kecamatan untuk 12 kecamatan di Paluta sesuai yang telampir pada SK penetapan tersebut untuk diambil sumpah dan dilantik.

Dari 36 anggota PPK untuk Pemilu 2019 yang di Panggil untuk dilantik tersebut,tampak hanya satu orang keterwakilan perempuan, atas nama Siti Rahmadani Hasibuan anggota PPK dari Kecamatan Halongonan.

Kemudian Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP di dampingi empat Komisioner KPU Paluta lainnya yakni Herisal Lubis SH, M Nafsir Rambe SPd, M Ali Ansor SAg dan H Ramlan Harahap ST mengambil sumpah 36 anggota PPK Se-Kabupaten Paluta yang hadir tersebut. 

Usai sesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara pelantikan dari perwakilan PPK dan  ketua KPU Paluta serta para saksi-saksi.

Ketua KPU Paluta Rahmat hidayat SP dalam sambutannya menegaskan agar 36 anggota PPK tersebut melaksanakan tugas sebaik baiknya serta agar mampu  mensukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 sesuai kode etik dan peraturan yang berlaku.

Sebab katanya, anggota PPK yang dilantik ini merupakan hasil evaluasi anggota PPK untuk penyelenggaraan Pilkada tahun 2018 yang berjumlah 5 orang dan di evaluasi menjadi 3 orang untuk bertugas dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Diakhir sambutannya, ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP memerintahkan seluruh anggota PPK untuk melakukan rapat pleno mengunjuk dan mengusulkan salah satu ketua dari 3 anggota PPK pada masing-masing kecamatan.

"Saya harap seluruh PPK pada setiap kecamatan agar segera melakukan rapat pleno untuk mengujuk dan mengusulkan ketua PPKnya," tutupnya. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar