SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Pembangunan Fisik Dominasi Usulan Musrenbang Kecamatan Padangsidimpuan Utara

Redaksi: Jumat, 30 Maret 2018 | 18.22.00

Logo Pemko Padangidimpuan (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Pembangunan fisik mendominasi usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Utara yang berlangsung di aula Kantor Camatn Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Kamis (27/3).

Camat Padangsidimpuan Utara Nasaruddin Siregar, S.Sos, mengungkapkan, ratusan usulan didapat dari pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan dan berasal dari warga di masing-masing kelurahan di Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

“Ada ratusan usulan yang akan dimasukkan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Utara, namun untuk pembahasannya nanti akan dipilih program-program yang menjadi prioritas untuk kepentingan masyarakat lebih luas,“ kata Nasaruddin Siregar, S.Sos.

Dijelaskannya, diwilayahnya ada 18 Kelurahan dan kebanyakan usulan dari masyarakat yang masuk di Musrenbang mayoritas soal fisik kemudian social keagamaan. Namun pembangunan manusia juga tidak kalah penting dibanding pembangunan fisik.

“Sejauh ini kebanyakan masih usulan fisik berupa perbaikan jalan atau saluran, yang semua usulan dating dari berbagai aspirasi masyarakat mulai dari Musrenbang di tingkat Kelurahan. Musrenbang di tingkat Kecamatan inilah nanti akan dirumuskan yang mana akan menjadi skala prioritas di wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Utara,” ucapnya.

Sebelumnya, Penjabat Walikota (Pj) Walikota Padangidimpuan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Utara berharap agar Musrenbang yang digelar ini tetap mengacu kepada tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, dimana dalam proses penyusunan dokumen perencanaan, wajib mengikut sertakan seluruh komponen masyarakat yang ada.

“Dengan keikutsertaan semua stakeholder yang ada, akan melahirkan komitmen bersama bagi pemangku kebijakan dalam mencapai tujuan Musrenbang yang berkualitas, efektif, efesien, transparan dan akuntabel,” ucapnya.

Menurutnya pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan adalah untuk memfasilitasi dan menyampaikan aspirasi masyarakat di tingkat Kecamatan, khususnya di Kecamatan Padangsidimpuan Utara kepada pemerintah kota.

“Program kegiatan yang diusulkan akan dibahas serta disusun menjadi prioritas. Inilah yang nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Kota untuk dilaksanakan pada tahun 2019, sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah,” jelasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar