SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Raja Adat Paluta Dukung Paslon Bupati Andar-Hariro

Redaksi: Minggu, 25 Maret 2018 | 23.49.00

Andar Amin Harahap SSTP MSi gelar Patuan Simataniari didampingi cawabup H Hariro Harahap SE MSi gelar Baginda Maranggim mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada seluruh Harajaon, tokoh adat, tokoh masyarakat yang hadir dan memberikan dukungan kepada mereka untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Paluta. (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Ratusan Harajaon (Raja Adat) di Tano Sapanjang Banua Sadesa berkumpul dan menyatakan siap mendukung dan memenangkan pasangan calon Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi gelar Patuan Simataniari dan H Hariro Harahap SE MSi gelar Baginda Maranggim pada Pilkada Paluta 2018 pada kegiatan penyerahan tarombo marga yang digelar di desa Siancimun, Kecamatan Halongon Timur, Sabtu (24/3).

Acara dihadiri oleh paslon bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dan H Hariro Harahap SE MSi, anggota DPRD Paluta Basri Harahap, Gusman Efendi Siregar SPt, M Amin Siregar, Khoirul Yusri Harahap dan Saparuddin Harahap serta Harajaon (Raja adat) dari wilayah Tolu Sadagulan Tano Sapanjang Banua Sadesa diantaranya Gunung Tua, Purba Sinomba, Halongonan dan Harajaon dari wilayah Portibi beserta raja adat dari sejumlah wilayah yang ada di kabupaten Paluta.

Raja adat dari Luat Halongonan Tongku Sati Harahap menyampaikan jika para tokoh adat di wilayah Halongonan menilai bahwa masyarakat Paluta akan lebih sejahtera dibawah kepemimpinan Andar-Hariro atau Patuan Simataniari dan Baginda Maranggim sebagai Bupati Paluta.

"Kami yakin Andar Amin Harahap gelar Patuan Simataniari dan Hariro Harahap gelar Baginda Maranggim bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Paluta," ujarnya.

Untuk itu, mereka sudah sepakat untuk mendukung dan memenangkan paslon Andar-Hariro pada pelaksanaan Pilkada Paluta 27 Juni mendatang.
Senada, Baginda Raja Alam Harahap yang merupakan perwakilan Harajaon dari Purba Sinomba juga mengatakan bahwa tokoh adat diwilayahnya sudah menyatakan kesepakatannya untuk mendukung paslon Andar-Hariro.

"Kita sudah tahu dan yakin bahwa pembangunan di Paluta yang kita cintai ini harus dilanjutkan oleh Andar-Hariro," katanya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mendukung dan memilih paslon Andar-Hariro untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat.

Sementara, raja adat dari Gunungtua yakni Tongku Martua Harahap menyampaikan bahwa kesepakatan dukungan ini dilihat dari kepemimpinan dari Drs H Bachrum Harahap yang merupakan ayah dari calon Bupati Andar Amin Harahap.

Karena ia yakin, Andar Amin Harahap adalah orang yang tepat untuk melanjutkan pembangunan Paluta melihat kesamaan sifat dan cara kepemimpinannya yang tidak jauh beda dengan ayahnya dan bahkan dapat dikatakan lebih baik dan lebih enerjik.

"Muda Sikkam Tukko na, Sikkam Do Tunas na (Anaknya tidak jauh beda dengan ayahnya)," tegasnya.

Demikian pula dengan Sutan Dibata Oloan Harahap yang merupakan raja adat dari Luat Portibi yang ikut serta hadir mengatakan bahwa dirinya tidak hanya mendukung paslon Andar-Hariro, tapi akan ikut mengajak masyarakat untuk memilih paslon ini pada pilkada Paluta bulan Juni mendatang.

"Bukan hanya mendukung, kami akan ikut mengajak dan mengkampanyekan kepada masyarakat untuk memilih Andar-Hariro di Pilkada 27 Juni nanti," katanya.

Calon Bupati Andar Amin Harahap SSTP MSi gelar Patuan Simataniari didampingi cawabup H Hariro Harahap SE MSi gelar Baginda Maranggim mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada seluruh Harajaon, tokoh adat, tokoh masyarakat yang hadir dan memberikan dukungan kepada mereka untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Paluta.

Dikatakannya, dengan dukungan dari Harajaon (raja adat) dari Tolu Sadagulan Tano Sapanjang Banua Sadesa ini, ia yakin bahwa niat dan tujuan untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Paluta dapat tercapai dan terwujudkan sehingga kedepannya bisa bekerjasama untuk membangun kabupaten Paluta menjadi lebih baik.

"Terima kasih atas dukungan ini, saya yakin dengan dukungan ini segala niat dan tujuan kita akan tercapai. Sehingga nantinya kita bisa bekerjasama dalam membangun kabupaten Paluta demi tercapainya kabupaten Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat," ucapnya.

Diajaknya, masyarakat khususnya harajaon, tokoh adat dan tokoh masyarakat agar nantinya tetap menjaga kekondusifan ditengah masyarakat dan tidak terpecah belah akibat pelaksanaan Pilkada nanti. 

Sehingga nantinya kerukunan dan kekeluargaan tetap terjaga sebagai modal untuk bekerjasama membangun Kabupaten Paluta yang lebih sejahtera kedepannya.

Diakhir acara, Paslon Andar-Hariro beserta Tim An-Har diberi cinderamata berupa stambok atau papan tarombo marga oleh Harajaon dan tokoh adat dari Tano Sapanjang Banua Sadesa. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar