Satgas Pamtas RI PNG Yonif 121/MK Gandeng Dinas Pertanian Berikan Penyuluhan

Redaksi: Kamis, 15 Maret 2018 | 18.37.00


Satgas Yonif 121/MK mengundang para Ketua Kelompok Tani yang ada di Kampung Wonorejo untuk mendapatkan penyuluhan dari Dinas Pertanian Kabupaten Keerom, di Pos Kotis Satgas Yonif 121/MK Kampung Wonorejo Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua.  (dok)



PAPUA| HARIAN9
Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam.

Di dalam dunia pertanian di Indonesia sudah tidak asing lagi istilah “Penyuluhan Pertanian”, dimana penyuluhan pertanian itu sendiri sangat penting untuk meningkatkan produksi para petani, masih banyak petani di Indonesia yang merasa kecewa dengan hasil produksi panennya yang belum maksimal sementara usaha untuk mencapai itu telah dilakukan.

Satgas Yonif 121/MK mengundang para Ketua Kelompok Tani yang ada di Kampung Wonorejo untuk mendapatkan penyuluhan dari Dinas Pertanian Kabupaten Keerom, di Pos Kotis Satgas Yonif 121/MK Kampung Wonorejo Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua, Selasa, (13/3/ 2018).  

Turut hadir untuk mendampingi penyuluhan pertanian Staf Teritorial Satgas Yonif 121/MK yang terdiri dari Lettu Inf Elias Sinaga dan Sertu Jefry P. Nainggolan. Sementara dari Dinas Pertanian Kabupaten Keerom menghadirkan Tenaga Penyuluhan Lapangan Ibu Sari Ifah.

Materi penyuluhan yang disampaikan yakni  Sebelum Panen meliputi; Teknik Budi daya tanaman. Pemilihan benih dan bibit unggul. Perlindungan tanaman. Penggunaan sarana produksi. Pengaturan pengairan untuk tanaman. Selanjutnya materi Setelah Panen meliputi; Cara pengumpulan hasil. Pengangkutan dan penyimpanan. 

Disebutkan, dalam penyuluhan itu, banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para petani. Namun dengan pengetahuan yang dimiliki oleh petugas penyuluhan lapangan Dinas Pertanian Kabupaten Keerom membuat wawasan petani menjadi bertambah. 

"Sekaligus kami mengucapkan terimakasih, karena hal ini bertambah pengetahuan kami tentang teknik-teknik pertanian yang benar, ucap Misran salah seorang petani.

Dikatakannya, selama ini mereka bertani berdasarkan pengetahuan yang dimiliki saja, dengan adanya penyuluhan ini kami akan coba teknik-teknik yang telah disampaikan mudah-mudahan produksi tanaman  dapat meningkat. (rel)

Komentar