Tambang Emas Martabe Buka Seleksi Beasiswa Martabe Prestasi

Redaksi: Sabtu, 31 Maret 2018 | 01.16.00

Senior Manager Community Relations and Development PT Agincourt Resources Pramana Triwahjudi, Kadisdik Sumut UPT Padangsidimpuan Drs. Ikhsan Lubis dan Kasi SMA/SMK Disdik Sumut UPT Padangsidimpuan Al Benny Damanik foto bersama dengan Kasek dan siswa seusai serahterima bantuan 24 unit komputer kepada SMA Negeri 1 Batangtoru, Kamis (29/3). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Pengelola Tambang Emas Martabe PT Agincourt Resources, kembali membuka kesempatan kepada para pelajar yang berasal dari Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk mendapatkan bantuan pendidikan melalui seleksi Martabe Prestasi.

Bantuan pendidikan Martabe Prestasi dari PT Agincourt Resources terebut terdiri dari tiga jenis yakni penghargaan prestasi akademis, penghargaan khusus non akademis, dan penghargaan beasiswa prestasi berkelanjutan.

Untuk penghargaan prestasi akademis ditujukan bagi siswa SD dan SMP yang berprestasi akademis. Penerima penghargaan akan mendapatkan manfaat berupa bantuan perlengkapan sekolah pada tahun ajaran baru yang akan diserahkan satu kali pada tahun program berjalan.

Sedangkan penghargaan khusus non akademis ditujukan bagi para pelajar yang memiliki prestasi di bidang olahraga, atau seni/budaya minimal di tingkat provinsi dan nasional. 

Penerima beasiswa akan mendapatkan manfaat berupa dana pelatihan dan pembinaan serta hanya diserahkan satu kali pada tahun program berjalan.

Untuk penghargaan beasiswa prestasi berkelanjutan ditujukan bagi siswa SMA, mahasiswa Diploma III dan S1 berprestasi. Penerima akan mendapatkan manfaat tunjangan uang sekolah/kuliah dan biaya hidup dengan total Rp.3 juta hingga Rp.12 juta. 

Adapun, seluruh penerima manfaat ketiga jenis bantuan pendidikan tersebut harus berasal dari keluarga pra sejahtera di Batangtoru dan Muara Batangtoru.

“Martabe Prestasi merupakan program unggulan Tambang Emas Martabe di bidang pendidikan,“ ujar Senior Manager Community PT Agincourt Resources Pramana Triwahjudi dalam keterangannya, Jumat (30/3).

Dijelaskannya, untuk pendaftaran seleksi penghargaan prestasi berkelanjutan sudah dimulai sejak 19 Maret 2018 hingga 15 Mei 2018. Untuk pendaftaran penghargaan prestasi akademis dan nona kademis atau khusus mulai 7 Mei hingga 8 Juni 2018.

“Formulir pendaftaran dan persyaratan seleksi Martabe Prestasi dapat diambil di Komite Martabe Prestasi di kantor Community Development PT Agincourt Resources dan pengumuman hasil seleksi bulan Juli 2018 mendatang,“ jelasnya

Dijelaskannya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tapanuli Selatan, jumlah siswa pada setiap jenjang pendidikan baik SD, SMP, maupun SMA terus mengalami penurunan. 

Angka penurunan jumlah siswa dari SD ke SMP berkisar antara 46% - 59% di Batangtoru dan 8%-32% di Muara Batangtoru. Sementara itu, penurunan jumlah siswa dari SMP ke SMA berkisar antara 63%-68% di Batangtoru dan 65%-78% di Muara Batangtoru.

“Banyak pelajar yang kesulitan melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi terutama karena kendala keuangan. Tambang Emas Martabe ingin berkontribusi dalam mengurangi penurunan jumlah siswa tersebut, melalui Martabe Prestasi. Ini merupakan tahun kedua pemberian bantuan,“ jelas Pramana.

Direktur Operasional PT Agincourt Resources Ed Cooney menambahkan, Tahun 2017 lalu, Tambang Emas Martabe telah memberikan bantuan Martabe Prestasi kepada total 130 orang pelajar. 

Pada tahun ini, Tambang Emas Martabe juga telah mengadakan sosialisasi pembukaan seleksi Martabe Prestasi kepada seluruh kepala sekolah di Batangtoru dan Muara Batangtoru pada Selasa, 28 Maret 2018, di Sopo Daganak.

Pada sosialisasi tersebut, juga diluncurkan Lomba Sekolah Sehat 2018 Menuju Standar Adiwiyata. Lomba ini ditujukan untuk sekolah  TK, SD, SMP dan SMA di Batangtoru dan Muara Batangtoru.

Di lain kesempatan, tidak hanya bantuan kepada para pelajar, Tambang Emas Martabe juga memberikan bantuan sarana belajar berupa perangkat komputer kepada SMK Negeri 1 Batangtoru sebanyak 12 unit dan SMA Negeri 1 Batangtoru sebanyak 24 unit pada Senin, 27 Maret 2018 guna mendukung kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kepedulian Tambang Emas Martabe terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Batangtoru dan Muara Batangtoru sangat tinggi. Kami memiliki mimpi, bahwa keberadaan Tambang Emas Martabe dapat membantu mencetak generasi berkualitas yang nantinya tidak hanya bisa bersaing di tingkat provinsi, tapi juga nasional dan kami juga akan terus mendukung pemerintah daerah dan pusat untuk mewujudkan kualitas pendidikan terbaik,“ pungkas Ed Cooney. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar