Baksos TMKK Kodim 0824 Bekerjasama Dengan DP3AK Prov. Jatim dan RS Bina Sehat Jember

Redaksi: Jumat, 06 April 2018 | 00.21.00

(Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Di RS Bina Sehat Jember dilaksanakan Bakti Sosial (Baksos) TNI Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan (TMKK) dengan pemasangan alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) secara gratis kepada ratusan warga masyarakat Jember, Kamis (05/04/2018) Mulai Pukul 07.00 WIB.

Bakti Sosial TMKK tersebut merupakan kerjasama antara Kodim 0824 Jember, RS Bina Sehat dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan DP3AK Provinsi Jawa Timur yang bertujuan mengendalikan laju pertumbuhan  penduduk (menjaga kwantitas)  meningkatkan  kwalitas (mutu), mengatur persebaran, memperkuat ketahanan dan  kesejahteraan keluarga, sehingga memiliki dampak signifikan  dalam akselerasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Waluyo Ajeng Lukitowati Kabid KB DP3AK Jawa Timur didampingi Kepala DP3AK Kabupaten Jember, Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak dan Perwiri Seksi Teritorial Kodim 0824 Kapten Arm Ismuni saat diwawancrai menyatakan bahwa target KB untuk Propinsi Jawa Timur Tahun 2018 ini sebanyak 1.058  Akseptor dan pada akhir Februari 2018 sudah tercapai sebesar 20 persen dengan adanya bantuan momen-momen seperti ini dirinya optimis terlampui target tersebut.

Masih menurut Waluyo Ajeng Lukitowati unutk pelaksanaannya di Jember saat ini kita akan bantu pemasangan Kontrasepsi kepada 400 akseptor yang akan dikerjakan selama 2 hari dengan besuk.

Untuk hari ini kita targetkan sebanyak 250 orang dan besuk tinggal kita selesaikan 150 orang yang sudah terdaftar, dari orang yang sudah terdaftar itu sendiri akan dilakukan pemeriksaan dan apabila dalam pemeriksaan dinyatakan dapat dioperasi langsung ditangani sedangkan apabila belum dapat ditangani karena mungkin tekanan darahnya terlalu tinggi dan lain-lain tentunya akan kita tangani diprogram berikutnya.

Saat ditanyakan dokter yang menangani pemasngan kontrasepsi ini, Waluyo Ajeng Lukitowati menyatakan bahwa penanganannya dilakukan oleh Tim Dokter dari TNI maupun dari Rumah Sakit Bina Sehat Jember diantaranya  dr Yudi Andriansyah, Sp. OG, M.Kes, Elfi Etikasari, S,Kep.Ners, Asisten Aris Nur Aini, Amd. Kep dan Luluk Munafiah, SST dan lain-lain.

Koamandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait kegiatan tersebut menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir langsung disana karena sedang dinas ke Surabaya, terkait dengan pelaksanaan TMKK tersebut saya menyampaikan terima kasih Kepada DP3AK Propinsi Jawa Timur, DP3AK Kabupaten Jember serta Dir RS Bina Sehat Jember atas Kerjasamanya.

Dan Bakti Sosial TNI melalui TMKK dengan pemasangan gratis  kontrasepsi KB ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap penekanan pertumbuhan penduduk agar selalu stabil da ideal dalam rangka membantu pemerintah dalam pembangunan dan penyiapan  sarana dan prasarana  baik sarana medis, sarana pendidikan, pangan, lapangan kerja dan lain-lain dengan pertumbuhan penduduk yang terkendali tentunya dapat penyiapannya dapat dilakukan dengan baik. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar