Calon Jamaah Haji Diminta Jaga Kesehatan

Redaksi: Selasa, 03 April 2018 | 23.34.00

Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar, MM berbincang dengan calon jamaah haji Kabupaten Tapsel saat memantau pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tahap II bagi calon jamaah di RSUD Sipirok Jalan Rumah Sakit No.1 Sipirok, Senin (2/4). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Ir. Aswin Efendi Siregar, MM meminta seluruh calon jamaah haji Kabupaten Tapsel yang akan menunaikan ibadah haji 1439 H/Tahun 2018 agar tetap menjaga kesehatan sebelum keberangkatan.

“Kesehatan calon jamaah haji harus menjadi prioritas karena kesehatan jasmani dan rohani adalah modal utama dalam menjalankan wisata spritual yang sudah sekian tahun dinantikan untuk menunaikan ibadah haji,“ ujar Aswin Efendi Siregar saat memantau pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tahap II bagi calon jamaah haji Kabupaten Tapsel di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok Jalan Rumah Sakit No. 1 Sipirok, Senin (2/4).

Pemeriksaan dan Pembinaan Kesehatan Haji tahap II yang digelar oleh Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Tapsel bekerjasama dengan UPT RSUD Sipirok diikuti 179 calon jamaah haji Kabupaten Tapsel.

Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar MM yang didampingi Plt. Kadis Kesehatan Drs. Marasaud, Direktur UPT Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok dr. Meini B Ritonga, Kabid P2P dr. Sri Khairunnisa serta Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar juga berpesan kepada seluruh calon jemaah haji Tapsel yang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan agar terus menjaga kesehatannya dan memasang niat yang tulus ikhlas bahwa kita semua merupakan calon tamu Allah yang nantinya akan berjuang di jalan Allah.

“Kepada seluruh calon jemaah haji untuk bersyukur karena masih banyak muslim lainnya yang ingin melaksanakan ibadah haji tetapi belum bisa berangkat karena adanya pembatasan kuota haji,“ pungkasnya.

Sementara Plt. Kadis Kesehatan Drs. Marasaud sebagai penanggung jawab susunan tim pemeriksaan dan pembinaan kesehatan berharap semua calon jemaah haji agar lolos tes kesehatan supaya seluruh jemaah haji bisa melakukan pelunasan ongkos jemaah haji.

Dikatakannya, saat pemeriksaan kesehatan tahap II ini, calon jamaah haji dilakukan pemeriksaan secara lengkap mulai dari fisik seluruh tubuh, kemudian tes laborat lengkap yakni tes darah, urine, EKG (jantung) dan photo rontgen.

“Mulai tahun ini seluruh calon jemaah haji harus lolos terlebih dahulu pemeriksaan kesehatan yang meliputi Kesehatan Umum, EKG (jantung), Rontgen (paru-paru), Darah Rutin (laboratorium) baru bisa melakukan pelunasan dan surat pernyataan sehat dari hasil pemeriksaan kesehatan tahap II ini sebagi syarat untuk pelunasan Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji,“ pungkasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 







Komentar