Danpos Ramil 0824/31 dan Muspika Tanam Refugia Bersama Kelompok Tani

Redaksi: Senin, 30 April 2018 | 19.18.00

Gapoktan Ds Sidomekar Kec Semboro Kabupaten Jember pada Jumat (27/04/2018) Pukul 07.00 WIB, yang melaksanakan penanaman refugia di seluruh pematang sawahnya guna mengantisipasi serangan hama serangga termasuk wereng yang sangat ditakuti petani. (Foto: Sis24) 


JEMBER| HARIAN9 
Pada musim tanam April-September 2018 ini kegiatan upaya khusus untuk meningkatkan produksi pertanian dalam mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional sudah mulai dilakukan berbagai langkah termasuk antisipasi hama tanaman.

Seperti yang dilakukan di lahan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ds Sidomekar Kec Semboro Kabupaten Jember pada Jumat (27/04/2018) Pukul 07.00 WIB, yang melaksanakan penanaman refugia di seluruh pematang sawahnya guna mengantisipasi serangan hama serangga termasuk wereng yang sangat ditakuti petani.

Hadir dan turut penanaman diantaranya  Danposramil 0824/31 Semboro Peltu Imam Rudiono, Kapolsek Semboro AKP Andri Santoso, Camat Semboro Daryanto, Ka UPTD Wil Tanggul Ir Husnul Khotimah, kepala Desa Sidomekar  Ir H Sugeng Pribadi dan Babinsa Semboro Serma Komaryono serta anggota perwakilan kelompok tani anggota Gapoktan Ds Sidomekar sebanyak 75 orang.

Menurut Danpos Ramil 0824/31 Semboro Peltu Imam Rudiono penanaman refugia ini sengajakita buat bersama-sama seperti ini sebagai wujud sinergitas yang terjalin selama ini dan meyakinkan semua pihak bahwa program ketahanan pangan ini merupakan tanggung jawab semua pihak.

Sehingga petani akan lebih termotivasi dalam mengelola lahannya sehingga produktiftasnya meningkat dalam mensukseskan Program Ketahanan Pangan guna memantapkan swasembada pangan nasional.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam konfirmasinya mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan jajaran diwilayah seperti halnya di Kecamatan Semboiro tersebut.

Mereka begitu kompak dan sinergis dalam melaksanakan kegiatan kewilayahan untuk itu saya juga sangat berterima kasih kepada rekan Polsek dan Camat serta Kepala Desa yang mau turun bersama-sama dengan petani untuk menanam bunga refugia dalam mengantisipasi serangan hama tanaman.

Hal tersebut merupakan wujud ihtiar kita agar di musim tanam April-September ini dapat berproduksi secara maksimal sehingga petani lebih sejahtera, serta mampu menunjang secara optimal Upaya Khusus Program Ketahanan Pangan Nasional. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar



Komentar