Danramil 0824/16 Tanggul Bersama Muspika dan Dinas Pertanaman Pangan Jember Tanam Bunga Refugia

Redaksi: Jumat, 06 April 2018 | 22.57.00

(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Pentingya pengendalian hama tanaman terutama tanaman padi merupakan bagian dari upaya khusus program ketahanan pangan nasional guna menjamin peningkatan produksinya dengan menghinarkan tanaman tersebut dari hama yang disebabkan oleh organisme dengan menanam buga refugia.

Seperti yang dilakukan oleh Danramil 0824/16 Tanggul Kapten Cba Beteng Irianto mersama seluruh anggotanya sebanyak 12 orang, unsur Polsek Tanggul. Pol PP Kecamatan dan Dinas Pertanaman pangan Kab Jember dan anggota Gabungan Kelompok Tani se Kec Tanggul  yang menanam bunga refugia di lahan pertanian Ds Klatakan Kec Tanggul Kab Jember pada Jumat (06/04/2018) Pukul 07.00 WIB.

"Penanaman Bunga Refugia ini adalah bagian dari pengendalian hama secara alami dengan bungan beraneka warna ini nantinya organisme pengganggu tanaman (OPT) akan senang hinggap di bunga-bunga tersebut dan tidak menyerang tanaman padi," kata Kapten Cba Beteng Irianto.

Berbagai jenis bunga refugian yang ditanam diantaranya bunga kertas, bunga matahari, kenikir dan lain-lain yang ditanam beramai-ramai di setiap pematang sawah petani.

Sunardi (47 tahun) salah satu petani yang ikut dalam penanaman bunga refugia tersebut menyatakan terima kasih kepada Danramil beserta seluruh perangkat yang telah menanam bunga refugia ini secara bersama-sama.

"Penanaman Bunga refugia  saat ini sangat tepat sekali dimana pada saat penanaman padi musim tanam Maret-September nanti bunga-bunga ini tentunya sudah berkembang dan mampu berfungsi secara efektif dalam mengendalikan hama," tambah Sunardi.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mendukung sekali dengan kegiatan pendampingan yang aktif seperti itu, apalagi penanaman bunga refugia ini adalah bagian dari cara pengendalian hama secara alami, saya sangat mendukung sekali.

"Sehingga mengurangi pemakaian insektisida maupun obat kimia lainnya dalam pengendalian hama tanaman padi tersebut, hal ini disamping lebih sehat tentunya akan mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh petani," pungkas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar




  

Komentar