SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Dewan Kesenian Sebagai Wadah Dalam Menjaga dan Melestarikan Seni Budaya Bangsa

Redaksi: Sabtu, 14 April 2018 | 22.38.00

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM saat mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan (DK2P) periode 2018-2023 di gedung H. Adam Malik, Kota Padangsidimpuan, Kamis (12/4). (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Kota Padangsidimpuan dikenal sebagai salah satu miniatur Sumatera Utara, karena memiliki  beragam suku, etnis dan budaya, sehingga memberikan warna yang begitu banyak pada aneka seni dan budaya Kota Padangsidimpuan.

Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM saat mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan (DK2P) periode 2018-2023 di gedung H. Adam Malik, Kota Padangsidimpuan, Kamis (12/4).

Pengurus Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan yang dikukuhkan tersebut yakni, Ketua Muhammad Amin.Nasution, Sekretaris Tantawi Panggabean, Bendahara Victor H.Sinaga dan dilengkapi dengan bidang-bidang.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, Dewan Kesenian memiliki arti penting dan bermakna strategis untuk dijadikan sebagai wadah dalam upaya menjaga, melestarikan, sekaligus mewariskan seni budaya kepada generasi penerus.

“Saya mengajak seluruh stake holder untuk menjadikan pelantikan DK2P sebagai salah satu momentum terbaik dalam pembinaan seni budaya yang dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap Kota Padangsidimpuan sebagai rumah kita,“ kata Walikota.

Dijelaskan Sarmadan, tugas Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan adalah menginventarisasi, menggali dan memadukan segenap potensi seni dan budaya daerah dengan memperhatikan karakteristik seni dan budaya lokal, kemudian juga memajukan, memelihara dan melestarikan seni dan budaya daerah dalam rangka pembentukan kebudayaan nasional.

Selanjutnya adalah mengadakan koordinasi antara instansi terkait dan Dewan Kesenian Kabupaten/Kota serta lembaga swadaya masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pengembangan dan pelestarian seni dan budaya daerah.

“Saya meminta Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan untuk lebih profesional, baik dalam meningkatkan tata manajerial maupun kemampuan seninya. Fungsi Dewan Kesenian harus lebih dioptimalkan termasuk jalinan kerjasamanya dengan pihak swasta dan dengan Dewan Kesenian Kabupaten/Kota lainnya dalam memperdayakan dan mengelola seni daerah termasuk para pelaku seni di Kota Padangsidimpuan,“ harap Walikota.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Kota Padangsidimpuan Muhammad Amin.Nasution, merasa prihatin melihat generasi muda sekarang, dimana nilai seni dan budaya sudah mulai luntur pada diri generasi muda, akibat semakin majunya dunia teknologi yang dapat dengan mudah diakses.

“Akibat pengaruh teknologi yang dapat dengan mudah diakses, mengakibatkan semangat generasi muda untuk melestarikan seni dan budaya semakin menurun. Harusnya kita sebagai generasi muda seharusnya memiliki sifat bangga terhadap seni dan budaya sendiri,“ tutur Amin Nasution.

Dijelaskannya, DK2P merupakan penalaran inspirasi pecinta seni dan budaya yang ada di Kota Padangsidimpuan, baik para seniman dan pekerja seni dan kan memberikan warna nuansa seni dan budaya, sehingga para pemerhati seni, tergerak untuk memotivasi insan seni untuk berkarya.

“Diharapkan dengan terbentuknya DK2P maka para pekerja seni dapat menggelar karya-karyanya,dapat memberikan pembinaan serta rutinitas para seniman dan pekerja seni di bumi ‘Dalihan Natolu’ yang kita cinta ini,“ jelas Amin. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar