SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


GK Sumut Segera Dideklarasikan Bertepatan Hari Sumpah Pemuda

Redaksi: Jumat, 13 April 2018 | 21.26.00

Presiden Jokowi foto bersama setelah menggelar rapat sosialisasi Konvensi GK 7 April 2018 di Bogor. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Sebagai Ketua GK (Galang Kemajuan) Jokowi Sumut, Benson Kaban menuturkan, untuk merespon cepat arahan konvensi Nasional arahan Presiden RI untuk segara siap dan sigap dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan. Sehingga harus menanamkan rasa optimisme kepada anggota dan massa yang telah dihimpun dengan meyakinkan bahwa Indonesia akan berjaya di masa depan.

"GK menjadi barisan terdepan dalam  mewujudkan kemenangan Jokowi 2 periode, dimana pada tanggal 10 April 2018 kemarin tepatnya di Biwanta Cafe, Medan, sebagai posko GK Sumut, telah menggelar rapat sosialisasi Konvensi GK 7 April 2018 di Bogor dan sebagai program aksi GK Sumut telah menetetapkan sebuah rangkaian kegiatan menuju Deklarasi GK Sumut di Medan," jelasnya, Kamis (12/4/2018). 

Benson menambahkan,hal ini kesimpulannya yaitu dengan deklarasi GK Sumut akan di selenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2018, tepat dalam moment Hari sumpah pemuda, dengan menggelar event "SUMUT EXPO & Galang Kemajuan, Pemuda Bangkitkan Potensi Rakyat".

"SUMUT EXPO akan menggelar pameran produk hasil pengolahan potensi hutan bukan Kayu dan pertanian-perkebunan serta bangkitkan Pariwisata di kawasan hutan dalam rangka menjaga pelestarian lingkungan hidup," tuturnya.

Dengan pameran produk tersebut akan digelar dalam bentuk stand pameran sebayak 100 stand dengan rata-rata  sebanyak 3 stand masing-masing kabupaten/ Kota di kali 33 kab/kota di SUMUT, dan acara tersebut akan digelar di Lapangan Benteng  Medan atau Medan International Convention Center selama 3 hari. 

"Selain pameran, hasil Konvensi nasional GK akan disosialisasikan kembali kepada seluruh anggota dan pimpinan GK di Sumatera Utara, event tersebut akan menunjukkan adanya kesesuaian antara kerja dan rencana dari masing-masing relawan GK di Sumut," ungkapnya.

Pada acara tersebut juga sekaligus ukuran dan parameter kerja praktek relawan menyambut perhelatan 2019 dalam memenangkan Presiden Jokowi.  Kegiatan ini merupakan puncak kegiatan event di Medan-Sumut pada tahun 2018. 

Dikatakannya, selain rangkaian kegiatan yang dilakukan menuju puncak acara Deklarasi GK Sumut, yaitu pada 21 April 2018 Moment Hari BUMI. GK Sumut bersama Forum Bumi Hijau dan Oxigen Comunity mendorong berbagai organisasi pecinta alam dan Lingkungan hidup untuk melaksanan penghijauan di Bukit Sipiso-Piso pinggir Danau Toba. Dinas Kehutanan Sumut telah menyumbangkan 3.000 bibit Pohon. 

Tanggal 2 Mei 2018, Hari Pendidikan Nasional. GK Sumut akan menggelar louncing atau pendirian Yayasan Pendidikan Sinabung, berbentuk Sekolah Rakyat, sekolah Gratis bagi anak-anak pengungsi Sinabung. Mulai dari pendidikan Non Formal hingga menjadi pendidikan formal berizin dari kementerian pendidikan dan kebudayaan. 

"Ide dan gagasan ini dimulai sejak di gagasnya gerakan menanam kopi sejak tahun 2010, yang kemudian melahirkan Sinabung Coffee dan Asosiasi Kopi Taneh Karo serta Kopi karo di Promosi ke Dunia melalui Event Festival Kopi Rakyat tahun 2015. Kini, kopi sudah menjadi tanaman rakyat di kabupaten Karo, dengan harga gabah basah Rp.38.000 per kg, berangkat dari harga 15.000 harga terendah diawal tahun 2015,"ujarnya.

Tanggal 5 Juni 2018,Hari lingkungan Hidup. Pohon Mangga untuk rakyat Danau Toba. Event tersebut dalam rangka Konsolidasi GK Daerah di Sumut dengan menyelenggarakan Gerakan Konservasi di sekitar Danau Toba. GK di Sumut juga akan memulai dan mempersiapkan industri pengolahan buah mangga.

Hari Raya Idul Fitri, mengadakan HBH dan ikut serta  dalam pelaksanaan Ramadhan Fair di Medan. Dan tanggal 18 Juli 2018, Grand Opening Koperasi PIN (Pedagang Ikan dan Nelayan). Tanggal 17 Agustus 2018, mulai dari tanggal 14-21 Agustus / 7 Hari, Coffee Trip, pantai Timur Sumatera-Lintas Leuser.

"Tanggal 18 September 2018, Louncing Program Forum Bumi Hijau, sebagai "Organ & Motor" Gerakan Konservasi Nasional. Event ini merupakan event terakhir estafet bulan per bulan sebelum deklarasi GK SUMUT pada tanggal 28 Oktober 2018," pungkasnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar