Investasi dan Ekspor di Triwulan Pertama 2018 Naik

Redaksi: Minggu, 01 April 2018 | 06.03.00

Menkeu, Sri Mulyani Indrawati memberikan keynote speech pada peluncuran Laporan Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia edisi Maret 2018 di Soehanna Hall, Jakarta pada Selasa (27/03). (Foto: kemenkeu)

JAKARTA| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan Pemerintah akan terus berfokus tidak hanya meningkatkan tingkat pertumbuhan tetapi juga kualitas pertumbuhan ekonomi. 

Hal tersebut disampaikannya pada peluncuran Laporan Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia edisi Maret 2018 di Soehanna Hall, Jakarta pada Selasa (27/03). 

“Seluruh indikator mengatakan bahwa investasi mulai bertambah. Jika dilihat dari sisi permintaan agregat, tingkat ekspor juga menunjukkan pertumbuhan yang cukup menggembirakan selama setahun terakhir mulai akhir tahun 2016,” ujarnya.

Dari laporan yang disusun oleh Bank Dunia tersebut, dijelaskannya bahwa ekspor dan investasi yang menjadi mesin penggerak pertumbuhan bersama dengan konsumsi rumah tangga harus tetap diwaspadai, terutama tren kenaikan harga komoditas. 

Pengawasan tersebut bertujuan agar konsumsi rumah tangga dapat terus dijaga agar tetap meningkat lebih tinggi dan lebih sehat.

Kebijakan fiskal akan terus memainkan peran pendukung, dimana pemain utamanya adalah sektor privat. Di sisi lain, peran pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang baik juga menjadi sangat penting. 

Diharapkannya, penerbitan laporan ini kembali menegaskan bahwa pemerintah terus berusaha optimis dalam menjaga momentum pertumbuhan yang  kuat tanpa berkompromi dengan kerangka makro ekonomi yang hati-hati. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar