Koramil 0824/17 Sumberbaru Karya Bakti Tanam Refugia

Redaksi: Minggu, 29 April 2018 | 00.36.00

(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Refugia merupakan jenis tanaman berbunga warna-warni yang mampu mengendalikan keberadaan serangga pengganggu tanaman padi, sehingga dengan adanya tanaman refugia dipematang sawah, serangga tidak menyerang tanaman padi tetapi hinggap dan menikmati nastar bunga yang terdapat pada tanaman refugia tersebut.

Sehingga para petani dianjurkan untuk menanam bunga refugia bersamaan dengan saat akan tanam padi sehingga tanaman padinya kelak tidak diganggu oleh hama serangga dan semacamnya.

Seperti yang dilakukan di lahan Kelompok Tani Tirtosri Ds Karang Bayat Kec Sumberbari Kabupaten Jember pada Rabu (25/04/2018) Pukul 08.00 WIB, Danramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno bersama 10 orang anggotanya, Petugas Penyuluh Lapang (PPL), dan33 orang  anggota kelompok tani  yang melaksana  penanaman bunga refugia.

Kapten Inf Asno menyatakan bahwa upaya ini dalam rangka mengajak petani untuk mengendalikan hama secara dini, murah dan efektif sesuai arahan PPL bahkan dengan pengendalian hama secara alami seperti ini tentunya akan mengurangi penggunaan zat-zat kimia dalam perawatan tanaman padi yang akan lebih menyehatkan.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi  menyatakan terima kasih dengan dilakukannya kegiatan karya bakti TNI dengan sasaran menanam Bunga Refugia yang sangat bermanfaat bagi petani dalam menjaga tanamannya agar tidak diserang oleh hama serangga.

Upaya tersebut tentunya bagian dari mensukseskan program ketahanan pangan nasional karena dengan minimnya serangan hama maka produksi padi akan meningkat, petani lebih sejahtera serta mendukung swa sembada pangan nasional. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar