Pemkab Tapsel Peringati Hari Otonomi Daerah Ke-XXII

Redaksi: Sabtu, 28 April 2018 | 15.57.00

Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar MM, membacakan amanat Mendagri pada peringatan Hari Otda ke XXII tahun 2018 di halaman kompleks perkantoran Bupati Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane Sipirok, Rabu (25/4). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) memperingati Hari Otonomi daerah (Otda) ke XXII tahun 2018 dengan menggelar upacara di halaman kompleks perkantoran Bupati Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane Sipirok, Rabu (25/4).

Upacara Hari Otda dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar MM, dihadiri Ketua DPRD Tapsel H. Rahmat Nasution S.Sos, Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, Anggota DPRD Tapsel Henrima Harahap dan Nurhayati, PKK Tapsel, Dharma Wanita Tapsel, Para Asisten, Staf Ahli dan Seluruh Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Tapsel.

Amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tapsel menyebutkan, di usia ke 22 tahun adalah usia dimana kedewasaan bersemai, begitu juga dengan perjalanan otonomi daerah yang saat ini sudah begitu banyak menyemai manfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyat.

“Cara yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah dengan menyelenggarakan otonomi daerah yang bersih dan demokratis. Seiring dengan tema otonomi daerah tahun ini, ‘mewujudkan nawa cita melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis’,“ ujarnya.

Selain itu, dalam memastikan penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis pemerintah telah, sedang, dan terus melakukan terobosan yang salah satunya menerbitkan peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Mendagri juga menegaskan kepada semua kepala daerah dan perangkat daerah agar jangan takut berinovasi, sebab sudah ada jaminan perlindungan hukum, bahwa berinovasi tidak bisa dipidanakan.

Mendagri mengingatkan bahwa tahun 2010 ini ada dua peristiwa besar dan penting yang akan digelar dan dilaksanakan yaitu agenda politik nasional berupa gelaran Pilkada serentak tanggal 27 Juni 2018 dan perhelatan Asian Games ke-18 yang berlangsung 18 Agustus s/d 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

“Untuk itu pemerintah memohon doa dan dukungan seluruh rakyat agar kedua agenda tersebut bisa berjalan lancar dan sukses,“ pungkasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar