SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Ribuan Ummat Islam Turun ke Jalan Protes Puisi Sukmawati

Redaksi: Minggu, 08 April 2018 | 08.26.00

Ribuan mahasiswa se Kota Padangsidimpuan menggelar aksi turun ke jalan memprotes puisi Sukmawati Soekarnoputri yang dinilai telah menghina dan melecehkan ummat Islam, Jum,at (6/4). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Ribuan ummat Islam dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi (PT) se Kota Padangsidimpuan dan tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pembela Islam Tapanuli Bagian Selatan (Gempita) menggelar aksi turun ke jalan memprotes puisi Sukmawati Soekarnoputri yang dinilai telah menghina dan melecehkan ummat Islam, Jumat (6/4).

Pantauan HARIAN9, aksi turun ke jalan tersebut dimulai pukul 15.00 WIB usai sholat Jumat. 

Selain melakukan aksi turun kejalan, mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Universitas Graha Nusantara (UGN), SEMA IAIN Padangsidimpuan, DEMA IAIN Padangsidimpuan, MPM UMTS, HMPB Kopasid, Satma AMPI dan Satma PP Padangsidimpuan, juga berunjuk rasa di Kantor Wali Kota serta gedung DPRD Kota Padangsidimpuan dan melakukan aksi long mars di seputaran jalan protocol di Kota Padangsidimpuan.

Para mahasiswa melakukan orasi dan membawa spanduk serta berbagai jenis poster memprtes dan mengutuk pernyataan Sukmawati dalam bait pisinya yang dinilai telah menghina ummat Islam sambil mengumandangkan adzan dengan suara sangat merdu.

Selain itu, mahasiswa juga mendesak agar penegak hukum segera melakukan tindakan hukum terhadap Sukmawati yang dianggap telah melecehkan agama Islam melalui puisinya yang dibacakan pada acara 20 tahun Anne Avantie di Indonesia Fashion Week (IFW) 2018.

“Kami menilai, sebagai anak dari Bapak pendiri bangsa, Sukmawati dianggap sudah melecehkan Pancasila yang ada di dalamnya terkandung nilai agama yang harus dijaga dan dihormati oleh setiap warga Negara. Ibu Sukma, puisimu sudah melecehkan umat Islam. Tangkap dan penjarakan Sukmawati,” teriak Rizki Ananda dari BEM UGN Padangsidimpuan dalam orasinya.

Usai menggelar aksi selama dua jam, ribuan mahasiwa yang turun ke jalan membubarkan diri dengan tertib di bawah pengawalan aparat kepolisian dari Polres Padangsidimpuan dan Sat Pol PP Kota Padangsidimpuan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 






Komentar