Sarmadan Inginkan Masyarakat Terlibat Dalam Pembangunan Kota Padangsidimpuan

Redaksi: Kamis, 05 April 2018 | 00.59.00

Suasana pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Padangsidimpuan Tahun 2019 di auditorium IAIN Padangsidimpuan, Rabu (4/4). (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM berharap seluruh warga Kota Padangidimpuan terlibat dalam proses pembangunan Kota Padangsidimpuan. Karena itu, selama proses pembangunan, kemitraan antara pemerintah dan masyarakat dapat diwujudkan.

Hal itu disampaikan Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dalam ambutannya dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda ) Kota Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM saat membuka Muyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2019 di auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Rabu (4/4).

Dikatakannya, dalam proses pembangunan, sebagai warga Kota Padangsidimpuan, bukan semata-mata sebagai penduduk. Tapi juga dapat dijadikan sebagai partner dan melalui Musrenbang ini diharapkan dapat menjadi langkah pencapaian visi dan misi Kota Padangsidimpuan.

“Kami menyadari masih banyak masalah dan tantangan. Tapi juga banyak potensi dan kesempatan. Oleh karena itu, lewat Musrenbang ini, kita harap bisa melangkah menuju pencapaian visi dan misi yang sudah sama-sama kita sepakati,“ ucap Walikota.

Selain itu, melalui Musrenbang ini juga dapat menghasilkan rumusan kegiatan dan strategi yang berorientasi pada keadilan dan keberpihakan, serta memberikan ruang yang cukup bagi warga untuk berinteraksi dan sama-sama bisa menghadirkan birokrasi yang efektif dengan tata kelola pemerintahan kuat.

Ditambahkannya, pelaksanaan Musrenbang ini juga berfungsi untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan, terhadap tujuan, strategi, sasaran, misi pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam RPJMD.

“Forum Musrenbang ini harus menjadi momentum untuk menjamin kesinambungan pelaksanaan program pembangunan Kota Padangsidimpuan sesuai dengan arah pembangunan jangka panjang Kota Padangsidimpuan,“ jelasnya, sembari mengajak untuk terus memperbaiki kualitas perencanaan pembangunan dalam rangka mensinergikan dan menyelaraskan antara prioritas pembangunan nasional, provinsi dan daerah.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Padangsidimpuan Drs. AR Marjoni, MM dalam laporannya menyampaikan, tujuan Musrenbang ini guna membahas RKPD Tahun 2019 Kota Padangsidimpuan untuk mendapatkan suatu kesepakatan tentang strategi permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah dan program kegiatan indikator dan basis kinerja.

Di samping itu, kegiatan ini juga guna menyelaraskan  program dan kegiatan pembangunan daerah dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi dan nasional serta usulan program dan kegiatan Musrenbang Kecamatan dan Kelurahan, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada Musrenbang Kecamatan dan Kelurahan, mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan daerah, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.

“Forum ini menjadi penting bagi kita untuk mendiskusikan isu-isu strategis dan hal-hal yang mendasari penyusunan program RKPD Kota padangsidimpuan tahun 2019,“ ujar AR Marjoni.

Hadir pada Musrenbang tersebut, para staf ahli Walikota, Asisten, pimpinan OPD se Pemko Padangsidimpuan, Camat, Lurah, pimpinan organisasi mayarakat, Lembaga Swadaya masyarakat, pers dan undangan lainnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 






Komentar