Sekdakab Deli Serdang Buka TMMD Ke 101 Di Kutalimbaru

Redaksi: Kamis, 05 April 2018 | 06.57.00

Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos didampingi Dansatgas Letkol Arm Asep Hendra Budiana, SH, MM, cek barisan peserta TMMD ke 101 tahun 2018. (Foto: Joko Hendro)


MEDAN| HARIAN9
Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, Darwin Zein, S.Sos buka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 di Lapangan SMPN 1 Desa Namo Mirik dan Desa Sukadame Kecamatan Kutalimbaru, Rabu (4/4/2018).

Mantan Camat Percut Seituan yang lama bertempat tinggal di Jalan Melati 1 Perumnas Helvetia Medan saat itu mewakili Plt Bupati Deli Serdang H. Zainuddin Mars.

Acara diawali dengan penyampaian laporan kesiapan pelaksanaan TMMD oleh Dansatgas Dandim 0204/DS, Letkol Arm H. Asep Hendra Budiana, SH, MM, dan penandatanganan naskah Program TMMD antara Kepala Daerah dengan Dansatgas, dilanjutkan dengan penyerahan program TMMD, penyerahan tanda peserta dan sarana kerja, sebelum peninjauan ke lokasi TMMD.

Pembukaan TMMD ke-101 ini turut dihadiri Danrem 022/PT diwakili Kasiter Letkol Inf Johnson Sitorus, FKPD Kabupaten Sergai, Kota Tebing Tinggi, Langkat, Asahan, para pimpinan OPD dan para Camat/Muspika se Kabupaten Deli Serdang, Kades, Tokoh Masyarakat dan Tokoh  Pemuda se Kecamatan Kutalimbaru.

Dalam laporannya, Dansatgas TMMD, Letkol Arm H. Asep Hendra Budiana menjelaskan bahwa, pelaksanaan TMMD ini berlangsung hingga 3 Mei 2018 dengan sasaran fisik pengerasan jalan berukuran 3.455 meter x 4 meter menggunakan sertu.

Selanjutnya akan dilakukan pembuatan rigid beton sepanjang 760 meter x 4 meter dan 8 unit plat beton, 2 unit gorong-gorong (pipa besi), 1 unit jembatan sepanjang 20 x 6 meter, 1 unit jembatan sepanjang 8 x 5 meter, lining saluran air dengan ukuran 50 x 0,7 x 0,8 meter.

Selain itu, juga akan dilakukan pembuatan MCK di Dusun VI Desa Namo Mirik, rehab jambur di Dusun IV dan VI Desa Sukadame.

Sementara sasaran non fisik berupa, penyuluhan narkoba, ISIS, wawasan kebangsaan, Kamtibmas, pertanian, peternakan, KB-Kes dan Hukum, dengan jumlah personel yang terlibat, TNI 125 orang, Polri 10 orang, Pemkab Deli Serdang 15 orang dan masyarakat 50 orang per hari.

Plt Bupati H. Zainudduin Mars dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdakab Darwin Zein, SSos, mengatakan, bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu program yang mengedepankan nilai-nilai keterpaduan dan kepedulian.

Hal itu bertujuan, disamping untuk mendorong serta meningkatkan pembangunan dan ekonomi khususnya yang ada di desa, juga sebagai wadah didalam mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, demi terciptanya rasa persatuan dan kesatuan yang semakin kokoh.

“Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, saya menyambut baik, diselenggarakannya program  TMMD ini, dan berharap semoga  ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan, guna mempercepat pembangunan di segala bidang,” jelas Darwin Zein yang sebelumnya menjabat Kadispenda Deli Serdang dan Camat Labuhan Deli. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar