SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


SOIna Sumut Selengarakan Porda dan Seleksi Atlet ke Pornas

Redaksi: Minggu, 15 April 2018 | 22.58.00

Sekretaris Pelaksana Porda, Rusdin Pinem bersama siswa/siswi yang mengikuti lomba Porda SOlna Sumut. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Pengurus Special Olympics International Indonesia (SOIna) Sumatera Utara,  telah usai menyelenggarakan Pekan Olah Raga (Porda) dengan mempertandingkan sebanyak enam cabang olahraga (cabor) pada sabtu (14/04/2018).

Pelaksanaan Porda ini juga sekaitan dengan penyeleksian atlet berprestasi yang akan mewakili Sumut ke Pornas di Riau pada Juli 2018 nanti.

Dalam pelaksanaan ini, SOIna Sumut mengharapkan agar donatur dan lintas sektor lainnya dapat mendukung keberangkatan pada event tersebut.

Sekretaris Pelaksana Porda, Rusdin Pinem mengatakan, dikarenakan siklus penganggaran APBD sudah lewat. 

"Pembiayaan (untuk keberangkatan Pornas tidak bisa difasilitasi semua) karena baru (ini) terbentuk, sedangkan siklus APBD sudah lewat. Jadi mohon maaf tidak bisa fasilitasi secara keseluruhan. Tapi, berkat dukungan yang lain, ini bisa terlaksana," ujar Pinem, Minggu (15/04/2018).

Pinem juga memohon bantuan sumbangan donatur yang punya perhatian terhadap SOIna dan berharap di Pornas nanti dapat didukung lintas sektor dan dukungan yang lain.

"Harap kerjasama kita semua, semoga kita bisa melakukan perlombaan dan pembinaan yang lebih optimal," ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya masih menyeleksi atlet yang akan dikirim ke Pornas di Riau pada Juli 2018 nanti.

"Ini juga ajang silaturahmi pengurus SOIna yang baru dilantik dan ini program pertama. Jadi kita harapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan Porda SOIna," harapnya.

Sementara itu, Mewakili Kepala SLB Pembina, Yustinus menjelaskan, kendala SOIna sama dengan sebelumnya yaitu pendanaan. Akan tetapi, berkat kerjasama, akhirnya dapat berlangsung baik.

"Harapan kepala sekolah kiranya dapat membina dan menjalin persahabatan agar SOIna tetap jalan. Sebab, belum semua orang menerima kehadiran peserta, mereka perlu dimotivasi, disemangati dan didukung," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ridesman mewakili Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Agustama berharap agar atlet dapat menunjukkan prestasi.

"Menyangkut pembiayaan yang tak mungkin ditopang satu dua orang, semoga bisa kirim atlet ke Pornas dan juga ke Dubai. Jangan sampai tidak ada dukungan," jelasnya.

Selain prestasi, kegiatan ini juga bagaimana membangun pola hidup sehat dan membiasakan berolahraga dan terus dikembangkan.

"Terdapat kecerdasan dan pemikiran yang tinggi dengan olahraga. Terus kembangkan olahraga SLB ini. Kami punya program bagaimana agar program kebugaran bagi anak yang berkebutuhan atau disabilitas bisa dibina terus. Mari kita bergotong-royong bantu pembinaan anak-anak di SLB," tuturnya.

Sedangkan Sekretaris SOIna Sumut Mardi Panjaitan mengatakan, pihaknya akan mengirim 39 atlet dan 15 pendamping ke Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) SOIna di Riau nanti.

"Itu rencana yang sudah dikirim ke panitia Pornas Riau. Hanya masih menunggu keputusan rapat pengurus dalam penetapan jumlah atlet dan pendamping," katanya.

Namun, lanjutnya, dengan melihat hasil Porda semalam siapa atlet yang layak kirim, tidak otomatis juara satu berangkat, tergantung penilaian juri layak atau tidak.

Adapun perlombaan yang dipertandingkan pada Porda SOIna Sumut yaitu Renang 25 m low ability putra putri dan 50 m high ability. Lari putra putri TG 100 m. Lari putra putri DS 50 m.lompat jauh TG 100 m putra putri. Badminton tunggal putra dan putri. Bocce piutra dan putri.tenis meja tunggal putra. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar