Walikota Terpilih Harus Peduli Terhadap Dunia Olahraga

Redaksi: Minggu, 01 April 2018 | 19.09.00

Ketua KONI Padangsidimpuan H Syaiful Jamil Hasibuan, ST. (Foto: Riswandy)   



PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Ketua Umum Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kota Padangsdimpuan H. Syaiful Jamil Hasibuan, ST mengharapkan agar Walikota yang terpilih melalui pesta demorkasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018 harus peduli terhadap dunia olahraga khususnya di Kota Padangsidimpuan.

Harapan tersebut disampaikan Syaiful Jamil mengingat pelaksaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yakni Pilkada Gubsu/Wagubsu dan Pilkada Walikota/Wakil Walikota Padangsidimpuan dengan pelaksanaan pesta olahraga di tingkat Sumatera Utara yakni Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (Popdasu) berlangsung sebelum dan sesudah Pilkada.

“Kota Padangsidimpuan direncanakan akan menjadi tuan rumah pada Popdasu 2018 pada bulan Juli 2018, tentunya ini akan penjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Walikota terpilih, walaupun pada pelaksanaannya nanti Walikota Padangsidimpuan masih dijabat oleh Penjabat (Pj) Walikota  DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM,“ ujar Syaiful Jamil di Padangsidimpuan, Minggu (1/4)

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini KONI dan Pemko Padangsidimpuan sedang konsentrasi mempersiapkan diri menghadapi Porwil, Porprov dan Popdasu. Tetntunya persiapan tersebut tidak terlepas dari peran Pj Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM serta DPRD Padangsidimpuan yang mendorong dan memberi dukungan, bagaimana agar atlit-atlit Kota Padangsidimpuan meraih prestasi guna mengangkat harkat dan martabat Kota Padangsidimpuan di kancah olahraga Sumut yang selama ini ‘tertidur’

Dijelaskannya, KONI Padangsidimpuan mulai berupaya membangkitkan gairah olahraga di Kota Padangsidimpuan, yang tetunya tidak tterlepas dari dukungan Pemko Padangsidimpuan dipimpin Pj. Walikota DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, diantaranya dengan menampung anggaran KONI Padangsidimpuan di APBD Kota Padangsidimpuan, serta memberikan kenderaan operasional KONI dengan cara pinjam pakai.

“Tentunya langkah-langkah positif ini juga harus ini juga bisa menjadi program strategis bagi siapa saja yang terpilih menjadi Walikota. Artinya jangan setelah Pilkada selesai dan Walikota sudah terpilih, sector olahraga semakin ditinggalkan. Selain menciptakan atlit yang handal, kita juga butuh aparatur yang sehat yang tentunya harus berolahraga,“ tuturnya.

Terkait dengan tiga kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan yang akan bertarung memperebutkan ‘Salak 1’ pada Juni 2018 mendatang, Jamil mengaku kalau semua miliki program cukup bagus khususnya dalam mendukung dunia olahraga. 

Namun bagi insan olahraga sendiri tetap akan melihat calon yang lebih baik dari yang terbaik, tetapi tidak akan mendukung calon yang terlibat narkoba karena bertentangan dengan etika olahraga.

“Walaupun memiliki ribuan atlit, KONI dan seluruh insan olahraga di Kota Padangsidimpuan tidak akan memihak kepada salah satu calon Walikota/Wakil Walikota pada Pilkada mendatang. Kita serahkan kepada masing-masing person untuk menentukan pilihan, yang penting Walikota terpilih tetap memperjuangkan kemajuan olahraga di Kota Padangsidimpuan dan KONI sendiri adalah milik seluruh masyarakat Kota Padangsidimpuan,“ imbuhnya.

Dihimbaunya, segenap insan olahraga di Kota Padangsidimpuan agar tetap mengutamakan suasana yang kondusif pada Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan nanti, karena insane olahraga juga bagian dari ‘pagar’ bagi kehidupan di tengah masyarakat. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar