Bangunan Balai Seni Budaya Telaga Said "Berbau Korupsi"

Redaksi: Jumat, 11 Mei 2018 | 07.13.00

Bangunan Jambur atau Balai Seni Budaya di Desa Telaga Said Kecamatan Sei.Lepan Kabupaten Langkat yang tak kunjung selesai. (Foto: Hermansyah) 



LANGKAT| HARIAN9
Tiga tahun bangunan Jambur atau balai seni budaya di Desa Telaga Said belum juga diselesaikan. Diduga bangunan yang menggunakan anggaran dana desa itu berbau Korupsi. 

"Sepertinya bantuan yang diamanatkan pemerintah untuk pembangunan desa itu tidak benar-benar dipergunakan oleh aparat desa, hingga sampai tahun ini juga bangun tersebut masih saja terus Terbengkalai," ucap seorang tokoh masyarakat Desa Telaga Said Kecamatan Sei.Lepan Kabupaten Langkat, yang tidak ingin namamya dituliskan, Kamis (10/5/2018).

Menurut keterangan yang terhimpun wartawan,  Anggaran pembangunan untuk perdesaan yang dikucurkan pemerintahan belum maksimal disalurkan seperti kejadian didusun VI suka ramai saat ini. Sejak awal anggaran Pemerintah dana desa yang diturunkan untuk pembangunan setiap desa yang berjumlah lebih dari satu miliar. Sudah terlaksana dan dikucurkan oleh Pemerintah.

"Namun disayangkan pemerintahan desa ini tidak benar-benar menempatkan anggaran dana tersebut. Diduga lebih mengutamakan kepentingan pribadi mereka dari pada kepentingan desanya," ucapnya.

Disebutkan, mungkin karena desa ini jauh, terletak di pelosok perdalaman. Sehingga Pemerintah kecamatan maupun kabupaten tidak ada waktu meninjau bangunan di desa ini dan hanya menerima laporan Surat Penanggung Jawaban (SPJ) kerja perdesaan yang dibuat aparat desa saja.

Sepertinya Badan Pelaksana Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) yang ada didesa ini tidak berfungsi. Semuanya telah masuk sistem dan tunduk kepada kepala desa, agar mendapat jatah "kue." Bagus maupun tidak bangunannya yang penting ada jatahanya.

"Selagi mereka masih menjabat, tidak peduli untuk bangunan mutu bagus atau tidak bagus,yang penting mereka bisa meraup banyak keuntungan dari dana anggaran desa."Tandasnya.(her9)



Komentar