Danramil 0824/17 Sumberbaru Bersama Babinsa dan PPL Dampingi Panen Petani

Redaksi: Selasa, 01 Mei 2018 | 15.51.00

(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9 
Bertempat dilahan Kelompok Tani Ngudi Makmur anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  Jaya Mandiri Dsn Sumberejo Ds Yosorati Kec Sumberbaru Kab Jember dilaksanakan panen Padi seluas 7,2 Hektar.

Hadir pada kesempatan teraebut Danramil 0824/17 Kapten Inf Asno, Babinsa Kopka Suwito, Ka UPTD Pertanaman Pangan Wil Tanggul Ir Husnul Khotimah bersama PPL Ahmad, anggota Pok Tani Ngudi Makmur 27 orang.

Didik S Ketua Gapoktan Jaya Mandiri saat dijumpai dilokasi.kegiatan menyampaikan bahwa hasil pertanian diwilayah Gapoktan Jaya Mandiri untuk panen musim tanam sisa Oktober-Maret ini.memang relatif lebih bagus karena minimnya serangan hama tanaman.

Dari hasil ubinan untul wilayah gapoktan Yosorati per hektar seperti saat ini rata-rata mencapai 10,97 Ton gabah kering sawah (GKS).

Terkait pendampingan yang dilakukan hingga saat ini memang banyak manfaatnya bagi petani, minimal petani diajak untuk intensif mengawasi lahannya, pada setiap ada kendala selalu diberikan bimbingan tehnis oleh PPL maupun Babinsa, ini yang banyak membantu kami para petani, dan hasilnya dapat maksimal seperti ini.
Danramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno saat dikonfirmasi disela-sela Kegiatan tersebut juga menyampaikan bahwa pada program ketahanan pangan ini Babinsa dijajarannya memang telahndiperintahkan untuk lebih intensif berkoordinasi dengan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) untuk turin ke sawah agar dapat memonitor secara terus menerus perkembangam tanaman dan memudahkan mengambil langkah cepat dan tepat.manakala ada serangan hama dan lain-lain.

Terkait dengan pendampingannya saat ini Kapten Asno menghimbau kepada petan untuk menjual hasil panennya kepada Bulog atau petugas serapat gabah Kodim 0824,  selanjutnya terkait pengolahan lahan hendaknya dilakukan percepatan tanam selanjutnya dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan).

Menyikapi kegiatan jajarannya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar.menyampaikan terima kasih atas pendampingan pertanian yangbtelah dilakukan dengan baik.

Konsentrasi pendampingan saat ini memang mengawal daerah-daerah yang panen ada sekitar 5 persen sisa musim tanam yang lalu serta.mengupayakan percepatan tanam medio April September 2018, dan rata-rata wilayah selatan dan barat Kanupaten Jember yang merupakan daerah lumbung padi sedang.melaksanakan tanam, untuk itu kepada jajaran saya perintahkan untuk selalu eksis melaksanakan pendampingan bekerjasama dengan PPL maupun UPT setempat. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar