Kemenag Padangsidimpuan Gelar KSM Kepada Siswa Tingkat Madrasah

Redaksi: Minggu, 13 Mei 2018 | 18.27.00

Kasi Penmad pada Kemenag Kota Padangsidimpuan Drs. H. Iswardin, M.Pd, berfoto bersama panitia KSM dan siswa berprestasi usai kegiatan KSM tingkat MI, MTs dan MA Negeri dan Swasta se Kota Padangsidimpuan, di aula MTsN 1 dan MAN 1 Kota Padangsidimpuan (Foto : Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN|HARIAN9
Untuk meningkatkan intelektual siswa Madrasah, Kementrian Agama (Kemenag) Kota Padangsidimpuan menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diikuti 234 peserta mulai tingkat Madrasah Iftidayah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta se Kota Padangsidimpuan, di aula MTsN 1 dan MAN 1 Kota Padangsidimpuan, Sabtu (12/5/2018)

Kegiatan KSM dibuka oleh Kakanmenag Kota Padangsidmpuna Drs. H. Efri Hamdan Harahap, dihadiri Kasi Penmad Drs. H. Iswardin, M.Pd, Kepala MAN 2 Kota Padangsidmpuan Drs. Saripuddin Harahap dan guru pendamping.

Adapun lomba yang diselenggarakan masingmasing untuk tingkat MI yakni, Matematika dan Sains IPA Terintegrasi, tingkat MTs, Matematika Terintegritasi, IPA Terpadu Terinterigritasi sedangkan Tingkat MA Matematiika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Dalam arahannya Kakankemenag Kota Padangsidimpuan Drs. H. Efri Hamdan Harahap menyampaikan menyampaikan, KSM selain merupakan ajang silahturahim antar ppelajar Madrasah, juga merupakan moment untuk menguji kemampuan intelektual, serta sarana untuk menghasilkan intelektual muda Islam yang unggul dan berdaya saing global.

“Kompetisi sains Madrasah dilakukan secara serentak seluruh Indonesia untuk membangkitkan dan menumbuhkan semangat belajar dan daya saing global, sehingga mampu bersaing di tengah tantangan global yang begitu pesatnya," ujar Efri Hamdan.

Ia menambahkan, ajang ini juga dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan yang sama bagi siswa Madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi, karena dengan hadirnya KSM ini akan mampu mendongkrat prestasi siswa Madrasah dan melahirkan anak di bidang sains yang di bingkai dengan ilmu agama.

“Anak-anak Madrasah harus mampu memadukan antara sains dan ilmu agama, mari menumbuhkan semangat dengan kita berlomba-lomba meraih kebaikan, tentunya semuanya itu diraih dengan ilmu," terangnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Drs. H. Iswardin, M.Pd dalam laporannya mengatakan, penyelenggaraan KSM di maksudkan untuk mencari siswa-siswa terbaik, ssekaligus untuk meningkatkan intelektual siswa Madrasah yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Kegiatan KSM ini dilaksanakan untuk mendorong siswa madrasah untuk selalu meningkatkan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama agar Madrasah dapat meningkatkan mutu pendidikan dibidang sains,“ ujar Iswardin. (Wan9)


Komentar