Padangsidimpuan Tenggara Juara Umum MTQN Ke-XVII

Redaksi: Minggu, 13 Mei 2018 | 06.23.00

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menyerahkan thropy bergilir kepada Camat Padangsidimpuan Tenggara Zulkifli Dalimunthe,SP yang berhasil keluar sebagai juara umum MTQN ke-17 tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018 di lapangan terminal pengangkutan umum Batunadua Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua (Foto: Riswandy)



‪PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara berhasil keluar sebagai juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-XVii tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018 yang ditutup secara resmi oleh Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM di lapangan terminal pengangkutan umum Batunadua Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kamis (10/5) malam.

Atas keberhasilan tersebut, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara membawa pulang thropy bergilir Walikota Padangsidimpuan yang diserahkan Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM kepada Camat Padangsidimpuan Tenggara Zulkifli Dalimunthe, SP.

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dalam sambutan penutupan MTQN tersebut mengucapkan, selamat kepada Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara yang berhasil keluar sebagai juara umum dan kepada yang belum berhasil diucapkan bersabar dan terus mengasah kemampuannya, untuk meraih yang terbaik ditahun mendatang.

Menurut Pj. Walikota, kegiatan religius dan sarat dengan syiar islam akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh positif di tengah masyarakat, karena itu penting keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah agar kegiatan seperti MTQ memberi dampak positif di tengah masyarakat.

“ Saya mengharapkan para qori dan qoriah yang meraih juara pada masing-masing cabang agar terus berlatih untuk mempersiapkan diri menuju seleksi MTQN tingkat Propinsi Sumatera Utara yang akan dilaksanakan di Medan, dengan harapan  dapat mengharumkan nama kota Padangsidimpuan, “ sebut Walikota.

Kepada masyarakat dan Camat Padangsidimpuan Batunadua selaku tuan rumah MTQN ke-XVII tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018 ini, Pj. Walikota memberikan apresiasi atas suksesnya kegiatan ini. Demikian halnya kepada dewan juri dan dewan hakim yang telah jujur dan adil, serta profesional dalam menyeleksi para pemenang.

Kakan Kemenag Kota Padangsidimpaun  Drs. H. Efri Hamdan Harahap juga tidak lupa mengucapkan terimakasih pada Pemko Padangsidimpuan yang telah berupanya dan bekerja keras, sehingga peyelengaraan MTQN Ke-17 Tingkat Kota Padangsidimpun ini dapat berjalan lancar dengan sukses, serta ucapan terimakasih juga tidak lupa diucapkan kepada Pj.Walikota Padangsidimpuan  serta Forum SKPD yang telah memberikan hadiah umroh kepada para pemenang.

“Dengan peyelenggaran MTQ ini mudah mudahan menambah nilai dan semangat masyarakat dan generasi muda di Kota Padangsidimpuan untuk membaca Al Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,“ ujar Efri Hamdan.

Ketua panitia MTQN Ke-17 Drs. Zulpeddi, MM melalui Asisten I Iswan Nagabe Lubis melaporkan, MTQN Ke 17 tingkat Kota Padangsidimpuan 8-10 Mei 2018. Antusias dari masyarakat cukup tinggi untuk mensukseskan MTQ tersebut ini terbukti mulai dari acara pembukaan hingga penutupan, masyarakat cukup ramai menyaksikan MTQ tersebut.

“Pada MTQN ke-17 Tingkat Kota Padangsidimpuan, 10 peserta yang berhasil juara memperoleh hadian umroh yang merupakan hadiah atau bantuan dari Pj.Walikota Padangsidimpuan DR. H.Sarmadahan Hasibuan 2 orang, Bank Sumut 2 orang, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0212/TS, Kajari, Ketua PN dan Sekdakota  Padangsidimpuan masing-masing satu orang,“ ujar Iswan.

Terpisah, Camat Padangsidimpuan Zulkifli Dalimunte, SP merasa gembira atas prestasi yang diraih qori dan qoriah Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, yang mana, bonus umroh yang diberikan Pj. Walikota Padangsidimpuan tiga orang diraih qori dan qoriah Kecamatan Padangsidimpuan Tengara.

“Kita patut berbangga atas prestasi ini, apalagi dari 32 peserta yang diutus Padangsidimpuan Tenggara pada MTQN XVII ini, 19 orang qori dan qoriah berhasil meraih juara. Ini berkat komitmen yang dibangun selama ini, semisal aktif membina perwiritan dan pembinaan lembaga Tilawatil Qur'an sekali sebulan di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara," ujar Camat.

Ia menambahkan, dirinya tidak heran bila peserta Kecamatannya meraih juara umum. Karena di Kecamatannya tergolong banyak berdiri Pesantren seperti Darul Iklas, Al-Anshor, Pesantren Hutapadang bahkan lokasi sekolah agama IAIN juga adanya di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

“Saya berharap nantinya Al-quran menjadi landasan hidup kedepan lebih baik. Kemudian  prestasi yang didapat hari ini dapat dipertahankan dan terus meningkatkan kualitas untuk persiapan menuju event-event mendatang,“ terangnya.  (Wan9)



Komentar