Pemerintahan Desa Serang Jaya Gunakan DD 2017 Sesuai RPJM Desa

Redaksi: Minggu, 13 Mei 2018 | 17.04.00

Kantor Desa Serang Jaya Kecamatan Pematang jaya Kabupaten Langkat,terlihat indah dan bersih sejak dipimpin Dodi France. (Foto: Adam)



PEMATANGJAYA| HARIAN9
Pemerintahan Desa Serang Jaya Kecamatan Pematang jaya Kabupaten Langkat menggunakan dana Desa (DD) 2017 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Tahun anggaran 2017, dan rencana kerja pemerintah(RKP). Hal itu disampaikan Dodi France (Ance) sebagai Kepala Pemerintahan Desa Serang Jaya kepada HARIAN9, di ruang kerjanya, Jumat(11/5/2018).

Menurut Dodi France yang sering disapa Ance mengatakan, semua hasil musyawarah desa bersama Badan perwakilan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), perangkat Desa dan beberapa masyarakat Desa Serang Jaya yang kita undang, telah menghasilkan beberapa kesepakatan untuk penggunaan dana DD 2017 lalu.

Kemudian kata Ance,  hasil musyawarah kita masukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Desa,Rencana Kerja Pemerintah dan yang lebih penting baik RPJM Desa maupun RKP sudah ditetapkan dalam peraturan Desa( Perdes) 2017.

Peraturan Desa merupakan pedoman untuk melakukan kegiatan di Desa Serang Jaya yang sudah direncanakan dalam RPJMD dan RKP Semua program Desa yang telah disusun tersebut sesuai lampiran Peraturan menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2017 tentang penggunaan perioritas penggunaan dana Desa .jelas Dodi France

Lebih lanjut Ance juga memaparkan kondisi wilayah Desa Serang Jaya yang merupakan wilayah perkebunan terdiri dari 5 Dusun. Diakhir konfirmasi Ance juga mengatakan semua pembangunan Desa Serang Jaya diutamakan untuk infrastruktur, sarana olah raga, bangun aula kantor Pemerintahan Desa, dan  Badan usaha milik desa (Bumdes) yang di serahkan kepada masyarakat Desa. Sedangkan untuk pekerjaan insfratruktur di serahkan kepada tim pelaksana kerja( TPK), ujar Ance.

Di tempat terpisah Sekretaris Desa Serang Jaya Sunardi ketika di konfirmasi Harian9 membenarkan apa yang sudah disampaikan Kepala Desa Serang Jaya.Kalaupun ada pro kontra di Desa itu hal yang biasa,apalagi Desa Serang Jaya lagi menuju Desa Maju atau Desa Mandiri.Untuk pembangunan infrastruktur 2017 semua sudah terlaksana, sedangkan DD 2018 masih dalam tahap penyusunan program kerja dan masih proses tahap bekerja,ujar Supriadi (adam9)




Komentar