Penutupan Diklatsar Banser Dengan Materi PBB dan BDM

Redaksi: Senin, 14 Mei 2018 | 14.20.00

(Foto: Sis24) 


JEMBER| HARIAN9
Bertempat di lapangan Desa Kemuningsari Kecamatan Arjasa Kabupaten jember pada 11-13 Mei 2018 dilaksanakan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Serba Guna (Banser) Kabupaten Jember yang bekerjasama dengan Kodim 0824 dan Polres Jember.

Setelah diadakan Upacara Pembukaan pada (11/05/201 Pukul 10.00 WIB dengan Inspektur Upacara Kapolres jember selanjutnya diisi materi-materi baik materi lapangan maupun materi yang bersifat paparan terkait Wasbang oleh Dandim 0824 pada Pukul 21.30 WIB (11/05), kemudian materi Peraturan Baris Berbaris pukul 10.00 WIB (12/05) dan materi Bela Diri Militer (BDM) pada 08.00 WIB (13/05) dan pada sisa waktu lain dari waktu tersebut diisi oleh Polres Jember maupun Kesbangpol Pemkab Jember.

Peserta Diklatsar Banser yang berjumlah 300 orang tersebut bermalam dengan tenda dilapangan tersebut dengan dimantapkan oleh materi-materi dalam rangka mewujudkan kader Banser yang memiliki ketrampilan survival, ketrampilan baris berbaris, ketrampilan beladiri militer serta materi pemantapan wawasan dengan wawasan kebangsaan, wawasan bela negara dan lain-lain.

Pemateri PBB dan BDM oleh personel Kodim 0824 yang dipimpin Serma Iwan Abdilah dengan anggota Serka Arif Bustama, Serka Edi Sucipto dan Babinsa Serda Matngali, saat penutupan peserta diapelkan untuk pengecekkan kelengapan serta diarahkan untuk kembali kerumah masing-masing dengan aman.

Usai penutupan Diklatsar Banser terkait dengan kerjasama tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih dan memang untuk tugas-tugas pemantapan PBB, Wawasan Kebangsaan dan BDM tersebut merupakan kewajiban Kodim 0824 selaku Satuan Teritorial untuk melaksanakan pembinaan terhadap organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan seperti Banser tersebut.

Sehingga terwujud pembinaan rakyat terlatih yang memampu mendukung tugas-tugas penanggulangan bencana alam, pengamanan kegiatan dan kegiatan seperti itu termasuk bagian dari pembinaan rakyat terlatih dalam mendukung Sistem Pertahanan Semesta yang merupakan sistem pertahanan yang dianut dalam menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar




Komentar